Guru SD Parepare Melesat Laksana guru SLTA

0
820

Roadshow hari ke-2 SAGUSANOV di Sulawesi Selatan berlangsung di SD Negeri 1 Parepare. (07/09/2016)

Pelaksanaan SAGUSANOV di Kota Parepare dilangsungkan mulai jam 14.00. Menurut Bapak Sukur Salman M.Pd selaku ketua Ikatan Guru Indonesia Kota Parepare bahwa pelaksanaan SAGUSANOV akan dimulai setelah pembelajaran di sekolah dilaksanakan oleh guru yang menjadi. Peserta melaksanakan workshop SAGUSANOV setelah guru yang menjadi peserta workshop ini menyelesaikan proses mengajar di sekolah masing-masing

Pengurus Ikatan Guru Indonesia wilayah Sulawesi Selatan Arfiani Babay, M.Pd mengatakan dalan pidato sambutannya bahwa IGI kota Parepare menangkap peluang bagus untuk melaksanakan workshop SAGUSANOV setelah Kabupaten Barru menyatakan ketidaksiapannya untuk kegiatan di hari ini.

lGI wilayah Sulawesi Selatan sebenarnya sudah mengagendakan kegiatan di kota Parepare ini yakni pada tanggal 19 September 2016 untuk mengadakan seminar literasi produktif. Sedangkan kesempatan yang tidak diambil oleh kabupaten Barru langsung dimanfaatkan oleh IGI kota Parepare untuk mengadakan workshop SAGUSANOV di hari ini.

Abd. Kholiq, S.kom selaku narasumber di workshop SAGUSANOV menyampaikan bahwa kegiatan SAGUSANOV yang dimulai pada pukul 14.00 ini akan diakhiri di 15.00. Untuk itu jika ada tahapan yang belum selesai maka tahapan ini akan dilaksanakan pada pertemuan di waktu-waktu mendatang serta memanfaatkan kelas online telegram SAGUSANOV Parepare.

Sesuai instruksi dari ketua umum PP IGI MRR Muhammad Ramli Rahim, bahwa di IGI sudah dibuatkan standart minimal untuk waktu pelaksanaan Seminar dan Workshop. Untuk seminar 3 sd 4 jam sedangkan workshop minimal 7 jam.

Terdapat enam tahapan dalam workshop SAGUSANOV yakni pertama adalah penginstalan software bracket, yang kedua pembuatan konten pembelajaran, yang ketiga penginstalan software Intel xdk, yang keempat preview atau simulasi software di Intel xdk, yang kelima pembuatan APK dan yang keenam instal APK ke handphone peserta.

Setelah melakukan instalasi bracket peserta langsung membuat konten berdasarkan mata pelajaran kompetensi dan kelas yang diampunya. Materi dilanjutkan dengan instalasi software Intel xdk dan sesaat setelah proses instalasi software xdk ini jam sudah menunjukkan pukul 16.00 lebih 45 menit.

Abd. Kholik S.Kom yang biasa disapa dengan Kholiq SAGUSANOV ini menyampaikan bahwa kelanjutan dari workshop SAGUSANOV ini akan dilanjut pada pertemuan selanjutnya dan juga di kelas daring. Tetapi sisa waktu yang ada digunakan untuk menyelesaikan proses build apk ini di salah satu komputer peserta dengan nama dalam waktu 15 menit mampu menyelesaikan apk-nya sekaligus di install di handphone peserta

Kebahagiaan terlihat di wajah bapak Zainal tersebut, tetapi terlihat juga yang tidak puas di wajah peserta karena harus menunggu di pertemuan selanjutnya. Menurut Abd. Kholiq pelaksanaan workshop di kota Parepare ini luar biasa dengan durasi waktu dua setengah jam hanya tinggal satu langkah lagi peserta menyelesaikan projectnya

Jika durasi workshop di beberapa tempat 7-8 jam maka masih tersisa waktu 4 jam lagi. Sedangkan posisi peserta tinggal membuat APK dan menginstal di Smartphone nya.

Peserta yang sebagian besar adalah guru guru sekolah dasar di sekitar kota Parepare ini mampu dengan sangat baik mengikuti kegiatan workshop SAGUSANOV tersebut.

Menurut ketua Ikatan Guru Indonesia – IGI Kota Parepare, hal ini karena selain menjadi ketua Ikatan Guru Indonesia Parepare Syukur Salman juga didaulat menjadi ketua Ikatan Guru TIK. Dalam programnya guru-guru yang tergabung dalam kegiatan tersebut memang sudah terlatih untuk menggunakan perangkat berbasis IT.

Terjawab sudah pertanyaan yang ada. Bahwa dengan peserta guru-guru Sekolah Dasar tetapi kecepatan mengikuti kegiatan workshop SAGUSANOV di kota Parepare ini sangat luar biasa. Dengan potensi yang ada dapat Ikatan Guru Indonesia IGI kota Parepare tidak lama lagi akan menjadi organisasi yang besar dan sangat luar biasa khususnya dalam peningkatan Kompetensi guru. (Abd. Kholiq)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here