Guru Matematika “Wajib” Miliki Buku ini

0
191

Tak bisa dipungkiri, bahwa mata pelajaran (mapel) matematika saat ini masih menjadi momok bagi siswa. Matematika masih dipandang sebagai mapel “menakutkan” di kalangan siswa. Karena itu diperlukan inovasi-inovasi baru agar belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

Melalui buku “Bermatematika Dengan Geogebra” ini, Abdul Karim, penulis buku in berupaya mengintegrasikan matematika dengan teknologi agar pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Buku yang masih bersifat pre-order ini direncanakan dicetak terbatas hanya 500 eksemplar di akhir Oktober 2019.

Abdul Karim adalah instruktur matematika (patner) pada Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Kemendikbud Bidang Matematika yang bermarkas di Sleman, Jogjakarta. Sebelumnya, dia adalah guru matematika pada SMP dan SMA Darul Hikam Bandung, kemudian sejak tahun 2000 Dia mengajar di SMA Plus Mutahhari Bandung dan SMP Nasima Semarang.

Karim tergolong guru yang kreatif dan selalu membuat inovasi dalam pembelajaran matematika. Pada komunitas guru, Karim sering disapa sebagai “master komik”. Sapaan ini berawal dari inovasinya dalam membuat materi-materi matematika dalam bentuk Komik Strip.

Dengan media komik yang dibuatnya, materi matematika bisa jadi lebih asyik dan menarik. Ia selalu memilih kalimat, rumus, dan contoh perhitungan matematika yang ringkas untuk dimasukkan komik strip. “Model” komik yang digunakan pun biasanya siswa yang dipotret secara candid, sehingga ketika disuguhkan di depan kelas akan menjadi lebih menarik karena siswa sendiri atau teman di kelasnya menjadi model dari materi yang dipelajari.

Saat ini Karim duduk sebagai ketua bidang peningkatan mutu guru pada Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI). Di organisasi profesi guru ini, aktivitas Karim sangat padat terutama di tahun 2018. Ia keliling Indonesia untuk menjadi guru pelatih. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk berkonsentrasi penuh mengajarkan teknologi pembelajaran kepada guru-guru. Akitivasnya sebagai guru pun berhenti sementara.

Kedekatan Karim dengan urusan teknologi pembelajaran dimulai saat dirinya menjadi pelatih di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kemendikbud di Jawa Tengah. Selain itu, dia menjadi pelatih di Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Jawa Tengah. Karim juga menyandang sebagai master trainer Casio dan master coach Microsoft.

Buku yang pernah ditulis oleh Karim dan telah diterbitkan adalah “Matematika dengan Maple” Jilid 1, 2 dan 3 yang diterbitkan oleh Sinergi Pustaka Indonesia. Selain itu, banyak pula naskah-naskah komik matematika yang belum diterbitkannya.

Jika anda berminat untuk memiliki buku “Bermatematika Dengan Geogebra” yang dibandrol dengan harga Rp. 85.000 (belum ongkir), silakan menghubungi sang penulis, Abdul Karim via WA 082218805296

 

 

Bagi yg sudah melakukan transfer dan pemesanan buku “Bermatematika dengan Geogebra”   akan mendapatkan bonus materi video toturial + pdf (per minggu, 12 kali), mulai Agustus sampai buku dikirim.

 

Comments

comments