Duet Spesial Founder dan Ketua SAGUSAVI dalam Seminar Nasional II Sagusavi 2019

1
45

Sabtu, 21 September 2019 telah digelar Seminar Nasional II Kanal Pelatihan Satu Guru Satu Video Pembelajaran (SAGUSAVI) Ikatan Guru Indonesia di Sekolah Bodhisatta Kabupaten Tagerang. Pada acara ini sangat istimewa, karena baru pertama kalinya Founder SAGUSAVI Bapak Widi Astiyono, S.Ag., M.Pd. dan Ketua SAGUSAVI Bapak Roch Aksiadi, S.Ag., ST., MM. melaksanakan pelatihan secara bersama.

Peserta yang hadir dari berbagai daerah di Provinsi Banten diantaranya dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Cilegon. Peserta dari luar daerah yang telah terdaftar seperti dari Sulawesi, NTT, NTB, dll berhalangan hadir karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan. Tema kami ini yang diangkat adalah “Cara Guru Menjadi Kreatif dengan Membuat Video Pembelajaran”. Peserta Workshop yang mendaftar dalam SIM GP IGI berjumlah 36 orang, namun yang hadir 26 peserta dan sangat antausias sekali.

“Saya baru mendaftar anggota IGI sekitar 1 minggu yang lalu, setelah itu saya mencari pelatihan untuk pengembangan kompetensi guru di google, ketemulah Workshop Nasional II SAGUSAVI, wah saya sangat beruntung ikut anggota IGI dan Pelatihan yang spesial ini” kata Bapak Zuhaeri Syukur. Guru dari SDN KEDAUNG WETAN 5 Kota Tangerang. 100 % peserta yang mengikuti pelatihan ini langsung mendaftar sebagai anggota IGI yang dipandu langsung oleh ibu Saryanti Sjarif selaku pengurus IGI Kota Serang yang juga admin sisfo IGI Provinsi Banten sekaligus terbentuk pengurus daerah kabupaten Tangerang periode 2019-2021.

Setelah acara secara resmi dibuka, dilanjutkan dengan pengenalan IGI oleh Bapak Widi Astiyono, S.Ag, M.Pd., selaku Wasekjen PP IGI Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan, beliau mendorong semua guru untuk bergerak maju dan berkarya untuk kemajuan pendidikan saat ini. Beliau menyampikan juga bahwa IGI memiliki Kanal Pelatihan yang cukup banyak untuk pengembangan kompetensi guru di tanah air.

Setelah itu beliau mengawali Sesi 1 sebagai seorang Trainer Nasional yang memang sangat bagus sekali dalam menyampaikan materi demi materi kepada semua guru yang hadir. Satu persatu materi tersampaikan dengan sempurna, diselingi dengan ice breaking yang membuat gelak tawa dan semangat bagi peserta workshop.

Semua peserta akhirnya paham bagaimana cara membuat video pembelajaran yang dapat dijadikan pembelajaran yang multi dimensi, karena melibatkan berbagai komponen pemebelajaran seperti materi pembelajaran, guru, siswa, sekolah, bahkan orang tua wali murid.

Setelah sesi 1 selesai dilanjutkan dengan Sesi 2 yang disampaikan oleh Bapak Roch Aksiadi, S.Ag, ST., MM. selaku Trainer Nasional Sagusavi, beliau menyampikan bagaiman cara mudah mengedit video dengan aplikasi editing video. Beliau mengajarkan dengan penuh semangat bagaimana cara memasukkan video hasil rekaman kita ke aplikasi, memotong video, memberikan efek video, mengedit audio, memberikan transisi, menyisipkan tulisan dengan berbagai animasi, menyisipkan audio, hingga akhirnya merender hasil editing video menjadi video yang siap dipublikasikan. Semua peserta dengan penuh semangat mengikutinya dengan baik.

Setelah selesai peserta dimasukkan kedalam Group Telegram yang dipanduk langsung oleh seksi bidang Humas dan Publikasi Sagusavi Ibu Saryanti Sjarif untuk tindaklanjut pembimbingan hingga tanggal 7 Oktober 2019. Mereka dibimbing oleh para Trainer dari berbagai daerah yang berada di Group Telegram. Pelatihan ini juga menggunakan Sistem SIM Pembelajar IGI, dimana nantinya semua tugas akan dikumpulkan, dan para Trainer akan memberikan umpan balik baik untuk diperbaki maupun untuk dinilai.
Setelah batas waktu yang telah ditentukan, maka peserta yang lulus akan dapat mencetak sertifikatnya secara online. Sungguh luar biasa sekali sistem teknologi yang telah disiapkan oleh IGI demi kemajuan para guru di Nusantara.

Semoga pelatihan ini dapat mendorong para guru untuk terus berkarya dalam memberikan pelayanan siswa, sehingga guru menjadi lebih kreatif dan siswa akan merindukan gurunya setiap waktu.

Salam SAGUSAVI…
Salam Sukses Selalu..
Oleh Roch Aksiadi, S.Ag., ST., MM.

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakIGI PEDULI AMBON
Artikulli tjetërSadar Edisi 106; “JAMAAH PERUBAHAN”
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru