DEMI PENINGKATAN GURU IGI MEMBAWA SAYA TERBANG BERSAMA GARUDA

0
831
Merupakan suatu kebanggaan bagi saya bisa bersama dengan 150 calon trainer dalam mengikuti pelatihan berskala nasional yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia(IGI) bekerjasama dengan Dirjen GTK, Dikdasmen, PT. Samsung, dan Garuda Indonesia. Awalnya saya tidak menyangka ketika diusulkan oleh ketua wilayah IGI provinsi Maluku Bapak Ode Abdurrahman, M.Pd. karena keanggotaan daerah memenuhi persyaratan di Sisfo IGI untuk mewakili daerahnya mengikuti pelatihan ToT literasi berbasis IT di LPMP Surabaya Jawa Timur.

Saat diusulkan saya menolak karena masih ada ketua IGI daerah dan wakil ketua. Saya merasa melangkahi mereka karena posisi saya sebagai sekretaris IGI Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Setelah menerima konfirmasi dari ketua IGI wilayah Maluku Bapak Ode Abdurrahman dan pak ustad Asmara selaku Wakil ketua IGI pusat koordinator Regional Maluku, Papua dan Papua Barat ternyata ketua dan wakil ketua IGI daerah Kabupaten Maluku Tengah punya kesibukan masing-masing dan tidak bisa meninggalkannya akhirnya saya pun menyetujui dan menerima undangan ToT Literasi berbasis IT yang akan berlangsung di LPMP Surabaya Jawa Timur, dari tanggal 6 – 9 Oktober 2016. Dengan demikian peserta utusan dari Maluku sebanyak 3 orang dimana 2 orang tiketnya ditanggung dan dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan pesawat Garuda Milles sementara teman yang satunya pak ustad Asmara menggunakan maskapai lain.

Pukul 14.58 WIB. kami tiba di Bandara Juanda Surabaya. Tak pernah terlintas di pikiran akan mengalami pengalaman ini. Banyak teman-teman guru dari dari berbagai daerah sedang berkumpul di pelataran terminal Juanda. Bagaikan melepas kangen teman-teman seperjuangan yang selama ini hanya mengenal melalui media sosial dan grup grup di telegram kini kita bertemu bertatap muka langsung, bisa saling berjabat tangan, saling merangkul serta tak ketinggalan berfose bersama kemudian bersama pula menuju asrama LPMP Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan ToT Literasi berbasis IT bagi guru-guru produktif di aula LPMP Surabaya.

Saat-saat inilah yang kami tunggu-tunggu dalam peningkatan , pengembangan kompetensi guru yang profesional dalam bidang IT.Disinilah tempatnya kita bertemu , berbagi pengalaman dan ilmu dari masing-masing fasilitator dan peserta . Kegiatan seperti ini belum pernah saya rasakan dan belum pernah diikuti dalam peningkatan mutu guru yang profesional. Namun bersama IGI saya bisa mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan dan memotivasi saya sebagai seorang guru yang bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman buat teman-teman guru IGI lainnya di daerah saya.

Satu persatu fasilitator menyampaikan materi untuk kami peserta. Saya merasa sangat istimewa bisa bersama dengan para guru hebat dari seluruh Indonesia. Merasa kemewahan itu ada bagi saya, bukan karena gedungnya yang mewah, bukan karena aulanya yang megah, tetapi ilmu yang diperoleh itu yang sangat luar biasa, dan tak ternilai harganya. Banyak kegiatan yang saya ikuti, tetapi hanya biasa- biasa saja materinya juga banyak hanya teori sehingga banyak juga yang kita lupa karena tidak di sertakan dengan praktek.

Dalam Pelatihan peserta dibagi menjadi beberapa chanel, saya masuk dalam chanel 1, dengan mentornya pak Mampuono dan Pak Karim Master Komic. Ada juga chanel lainnya, tetapi saya tertarik dengan master Komic dan master game.

Selama pelatihan Waktu istrahat hanya untuk makan dan sholat, setelah itu di lanjutkan lagi. kegiatan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.
Lelah atau capek tidak terasa bagi saya, karena sebagai seorang guru setiap hari merupakan pekerjaan yang tak asing lagi. Fasilitator juga sangat luar biasa, sehingga peserta dengan antusias mengikuti materi. Semua materi yang diberikan sangat membantu dan memudahkan kami dalam proses pembuatan media pembelajaran berbasis IT.

Hadir juga bersama kami Bapak Literasi Indonesia pak Satria Darma, dengan semangat menemani dan memotivasi peserta ToT Literasi berbasis IT yang berlangsung selama 4 hari.

Pada akhir acara penutupan kegiatan juga dihadiri oleh bapak Mohammad Ikhsan selaku ketua Pembina IGI Pusat yang memberikan motivasi kepada peserta pelatihan sekaligus beliau menutup acara kegiatan dengan resmi.

Saya sangat banyak mengucapkan terima kasih kepada Ustad Asmara selaku wakil ketua IGI Pusat Koordinator Regional Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat dan juga kepada teman-teman seperjuangan IGI Kabupaten Maluku Tengah, karena atas bantuan dan dukungan serta kerja keras dari teman-teman sehingga Allah SWT berkenan meridhoi kita semua sehingga dapat mengikuti kegiatan yang sangat super ini.

Saya juga memberikan apresiasi yang yang sangat inggi kepada Dirjen GTK yang telah memfasilitasi kami dengan tiket pesawat Garuda Miles gratis dari Ambon ke Surabaya dan kembali lagi dari Surabaya ke Ambon .
Tidak lupa ucapan terima kasih saya kepada LPMP Jawa Timur yang telah memfasilitasi peserta sampai acara penutupan dan kami dari Maluku masih menginap di LPMP selama 2 hari pasca kegiatan karena satu dan lain hal.

Dengan semangat yang tinggi, demi peningkatan mutu guru dan masa depan bangsa, suatu motivasi bagi saya untuk dapat mengimbaskankan ilmu yang saya terima kepada teman-teman guru di daerah saya. Semoga ilmu yang di berikan dapat bermanfaat bagi yang lain. Sehingga kedepanya kompetensi guru semakin meningkat dan semakin majulah bangsa ini.
Salam Litersai,,,

Surabaya, 10 Oktober 2016
Sekertaris IGI Daerah Kab. Maluku Tengah
Amirudin Wabula, S.Pd.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here