Catatan Harianku dari Kegiatan Rembuknas (Part 3)

0
177

Saat makan siang di ruang makan, aku dan anci selalu menggunakan moment tersebut untuk menjalin komunikasi dengan para Kadisdik dari berbagai wilayah dan daerah baik yang sudah lama bermitra dengan IGI maupun yang baru mau akan bermitra.

Rata rata para kadisdik yang bertemu dengan kami mengapresiasi apa yang sudah IGI lakukan teutama dalam masa 3 tahun kepemimpinan MRR. Kami berdua dengan semangat menjelaskan apa saja kanal-kanal pelatihan yang IGI miliki. Kami sangat mengharapkan para kadisdik Propinsi dan Kabupaten/ Kota selalu mendukung gerakan IGI. Terutama dalam hal peningkatan kompetensi guru, minimal mendapat dukungan moril.

Selesai makan siang, Anci bilang ke Aku: ”Ka Rose kita lihat pameran dong, masa sudah dua hari kita di arena Rembuknas kita tak sempat lihat pameran, sibuk mensyiarkan IGI he he”. Dan Aku iya-kan segera, takut nanti dia ngomel ngomel.ha ha ha ha.

Kami berdua hanya 15 menit keliling di arena Pameran karena kami harus segera bergabung ke kelompok diskusi sesuai jadwal. Pukul 13.30 WIB kami berdua segera menuju gedung Pancasila aula lantai 2 untuk untuk bergabung dalam sub kelompok 1 yaitu kelompok ”peningkatan profesionalisme guru”.

Walaupun awalnya kami berdua tidak masuk dalam kelompok ini tapi masuk ke ke sub kelompok lain, tapi kami berdua ngotot ke Panitia minta ke kelompok ini. Karena kami merasa ini yang paling tepat, relevan dengan apa yang sudah IGI lakukan selama ini.

Selama diskusi dalam kelompok, terasa sekali kelompok ini sangat aktif dan dinamis. Kembali lagi adeku Anci dgn gaya khasnya yang agak mendesak he he.. Dia bilang,” Ayo ka Rose, sampaikan segera semua yang susah IGI lakukan, terutama ttg kegiatan Pembelajaran Online, dan Sagusaku, menemubaling, juga Sagupasi. dll”.

Akupun kalau sudah melihat Anci mendesak-desak begini tak berpikir panjang langsung angkat tangan minta waktu untuk bicara panjang lebar tentang apa yang sudah dilakukan IGI. Bicara tentang Pemanfaatan IT untuk pembelajaran Online. Bahwa IGI sudah 3 tahun ini melakukan secara rutin tiap rabu malam melalui kegiatan ” SADAR” singkatan dari saresehan dalam jaringan. Sadar yang selama ini dikoordinir ade-ade hebatku spt Khairudin, Umi, Chandra dll. Luar biasa semangat mereka, mengajak guru guru di Seluruh Nusantara untuk saling berbagi ilmu. Sesuai motto IGI ” Sharing and Growing Together” . Terima kasih luar biasa buat Pa Gatot yg sudah memberikan fasiltas tempat belajar melalui “ room webex”

Selesai diskusi dalam kelompok ””Peningkatan Profesionalise Guru “ tepat pukul 17.00 wib, aku dan Anci bergegas untuk beristirahat. Baru saja kami berdua mau beranjak keluar, tim perumus memanggil kami kata mereka IGI diminta bergabung dengan tim perumus untuk bersama-sama dengan para pakar pendidikan. Merumuskan rekomendasi dari kelompok kami. Intinya masukan kami berdua dari IGI, agar dalam peningkatan profesionalisme guru, terutama yang dilakukan oleh kemendikbud untuk lebih memaksimalkan melibatkan orprof dan IGI siap untuk itu. Apalagi IGI sudah memiliki lebih dari 86 kanal pelatihan, dengan para pelatih yang sudah handal dan siap berbagi dengan semua guru di seluruh Nusantara

Pukul 18.00, kami mohon pamit, karena anci mau sholat magrib.

bersambung …

Bu Rose /Ketua Harian PP IGI

Comments

comments