Berbagi Bersama Guru di Kab. Sekadau melalui Workshop Google Workspace for Education dan Pemanfaatan Akun Belajar.id Seri #2

0
192

Sekadau, IGI.OR.ID- Setelah sukses menyelenggarakan Diklat Daring Google Workspace for Education dan Pemanfaatan Akun Belajar.id seri pertama pada Bulan April 2021 yang diikuti oleh 108 peserta dari beberapa provinsi di Indonesia, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat kembali menyelenggarakan Workshop Google Workspace for Education dan Pemanfaatan Akun Belajar.id seri kedua pada 22-26 September 2021. Agenda kali ini fokus untuk mengenalkan akun belajar.id dan optimalisasinya kepada guru-guru di Kab. Sekadau, sehingga acara ini diselenggarakan secara tatap muka dengan sesi materi selama dua hari.

Acara ini dilaksanakan di Sekretariat IGI Kab. Sekadau Jalan Irian Desa Sungai Ringin Kec. Sekadau Hilir diikuti oleh 30 peserta yang didominasi oleh guru-guru dari daerah terpencil di Kab. Sekadau. Mereka memandang kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi diri. Selain itu, menurut mereka kegiatan yang diadakan secara tatap muka memudahkan untuk konsultasi secara langsung saat mengerjakan tugas. Namun, ada juga beberapa peserta yang mengikuti kegiatan secara daring via Google Meet karena terkendala sedang mengikuti PPG atau Latsar CPNS.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Kab. Sekadau ini diawali dengan pemaparan materi tentang:
• akun belajar.id,
• Google Drive,
• Google Document, dan
• Google Slide
yang disampaikan oleh Fuad Setiadi selaku Ketua IGI Kab. Sekadau sekaligus Google Certified Educator Level 1.

Materi sekaligus praktik diikuti oleh peserta dengan sangat antusias. Meskipun beberapa peserta belum pernah membuka Google Drive, bahkan ada peserta yang sangat jarang menggunakan laptop. Hal ini tidak menyurutkan semangat peserta dalam belajar dan mempraktikkan beberapa aplikasi dalam Google Workspace for Education ini.

Kegiatan hari kedua dengan materi Google Form masih disampaikan oleh Fuad Setiadi. Peserta sangat antusias membuat contoh formulir pendaftaran peserta didik. Peserta juga diajarkan cara menggunakan layanan Bitly.com untuk penyingkatan URL, sehingga semakin menambah semangat mereka untuk menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Materi terakhir di hari kedua adalah Google Sites yang disampaikan oleh Dewi Setiawati selaku Sekretaris IGI Kab. Sekadau. Peserta diajarkan bagaimana mudahnya membuat website dengan aplikasi ini. Dengan Google Sites, guru dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan terintegrasi dalam satu website.

Di akhir acara, peserta mengharapkan agar IGI Kab. Sekadau terus berbagi bersama guru-guru di Kab. Sekadau melalui pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi guru. Dengan kehadiran IGI di Kab. Sekadau, peserta berharap kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran, seperti daerah terpencil, keterbatasan sinyal, dan kesulitan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, perlahan teratasi melalui berbagai program pendidikan ke depannya.

Comments

comments