BANGGA MENJADI PESERTA TOC K-13 DAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI LPMP BANJARBARU

0
480

Lilik Sutiyani, S,Pd

Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Menjadi peserta TOC di LPMP Banjarbaru yang diselenggarakan oleh IGI Provinsi Kalimantan Selatan merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Bagaimana tidak karena disitulah saya bisa bertemu dan berkenalan langsung dengan guru-guru hebat dalam satu ikatan yang tulus untuk mengemban tugas Negara sebagai seorang guru yaitu Ikatan Guru Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 48 orang peserta yang berasal dari 4 kabupaten dan kotamadya antara lain kabupaten Banjar, Banjabaru, Tanah Bumbu, kabupaten Balangan dan kotamadya Banjarmasin yang dilaksanakan tanggal 18-22 November 2016, bertempat di LPMP Banjarbaru. Saya bangga sekali selama masuk menjadi anggota IGI Tanah Bumbu dan menjadi bagian Ikatan Guru Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, selama bergabung di IGI sejak 22 Agustus 2016 ini saya belum kenal dan tahu apalagi bertatap muka serta berjabat tangan dengan bapak Gusti Surian sebagai Bendahara Umum IGI, mantan ketua IGI Kalimantan Selatan. Hanya tahu nama lewat WhatsApp saja. Beliau seorang yang santun dan penuh kharismatik. Terlebih lagi bisa ketemu sekjen IGI Pusat Bapak Mampuono yang selalu memberikan motivasi, pencerahan dan beliau orangnya sangat enerjik dan smart, saya jadi terkagum-kagum.dibuatnya.

Dalam kegiatan tersebut materi cukup padat, dan trainnernya hebat- hebat, materi menemu baling oleh bpk.Mampuono,materi video dan comic (vicom) oleh bpk Dahli Ahmad (kabid keanggotaan PP IGI),beliau type orang yang sabar dan telaten dalam mengajari dan menuntun peserta pelatihan sampai bisa. Materi video comic(vicom) adalah sebuah perpaduan antara komik dan animasi untuk media pembelajaran, terus terang saja saya sangat tertarik dengan materi ini, materi vicom ini akan saya gunakan sebagai salah satu media pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Tatkalah spectakulernya IGI bisa berkerjasama dengan perusahaan yang sudah punya nama yang tidak diragukan lagi keberadaanya di Indonesia yaitu PT. Samsung Indonesia, IGI bisa mendatangkan langsung trainner dari Samsung yaitu bpk Hendri dari Jakarta, produk unggulan yang dapat membantu dan mendukung guru dalam membuat media pembelajaran hanya melalui genggaman tangan yaitu produk tablet Samsung A8.

Materi dari ibu Hj Noorbaity tentang sagusakti, meski hanya sedikit akan tetapi ibu Baity sangat antusis dan bersemangat sekali dalam menyampaikannya,sehingga semua peserta sangat senang. Tatkala pentingnya pencerahan dari sesosok orang yang selalu menjadi panutan dan contoh, beliau merupakan orang nomor satu di LPMP yaitu bpk.Kamil. Setiap kalimat yang beliau tuturkan sangat berkesan dan penuh makna. Materi tentang Kurikulum 2013 pembicaranya adalah bpk. Sucipto dan bpk Arif Sri Wahyana. Tidak kalah ramainya trainner dari tim alumni TOT pertama Surabaya antara lain Husnul Khatimah ,Yoel Istiawanto, Arbain Yusran, Adnan, Abdul Hadi, Ahya , Desy Hairina dan M.Arsyad yang berbagi pengetahuan dengan peserta dan berperan sebagai fasilitator membimbing peserta TOC secara individu, Sangat seru dan menyenangkan.

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu,yang mana dipenghujung hari rasanya kami ingin bertahan untuk tidak beranjak dari ruang kelas, karena ada materi yang sudah dijadwalkan tapi belum bisa terlaksana yaitu pembuatan LKS dan kami juga ingin diajari materi Sagusablog dan Sagusanov dari Team Alumni TOT pertama Surabaya. Tapi karena waktu jualah yang tidak bersahabat,maka acara TOC Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Perbasis Digital ditutup. Acara terakhir Pengucapan Komitmen oleh para peserta yang mana setelah pulang dari pelatihan ini peserta diharapkan dapat menyampaikan/ menularkan ilmu yang telah diterimanya di daerah masing-masing.” SHARING AND GROWING TOGETHER”.

Kata terakhir dari saya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,dan teman – teman peserta TOC yang selama empat hari kita berkumpul.Tak lupa mohon maaf atas segala salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja,kami hanyalah insan yang lemah yang tak lepas dari salah dan dosa.Mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan sehingga kita bisa selalu Sharing and Growing Together.Amin. Salam Literasi !

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here