Audiensi IGI Papua Dengan Kadisdik; “Gunakanlah Tangan Orang Lain”

0
377

BILA TANGANMU TAK MAMPU MENCAPAI
MAKA GUNAKANLAH TANGAN ORANG LAIN
Oleh: Since (Ketwil IGI Papua)

Audience pengurus IGI Wilayah Papua dengan Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang baru Christian Sohilait, ST.,M.Si.

Kesan pertama saat bersua adalah ramah, ceria, sportif dan “gaul”, yang merupakan ciri khas putera asal Ambon Maluku ini. Kebekuan langsung cair seketika, saat beliau mempersilahkan pengurus IGI Wilayah Papua memasuki ruang kerja beliau yang baru ditempatinya sekiar 2 bulan dengan ramah dan tawa renyah. Beliau adalah Christian Sohilait ST.,M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang baru.
Kesan inilah yang mendorong pengurus agar segera melakukan audiensi kepada beliau sebagai upaya memperkenalkan IGI, setelah tanggal 6 Mei 2020 beliau mengisi kegiatan daring IGI Wilayah Papua sebagai Keynote speaker memberi motivasi pada peserta yang berjumlah 50 orang. Kegiatan ini bertujuan agar IGI turut andil mengambil bagian menyebarluaskan teknik-teknik yang dapat dipakai sebagai sarana dalam membantu program Pemerintah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh saat pandemic covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan ini bertajuk “Pembangunan Karakter dan Teknologi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Jitsi meet dan Google classroom” berlangsung dari tanggal 6 s.d 8 Mei 2020. Pemateri dalam giat ini adalah Prof.Dr.Tiurlina Siregar, M.Si, (KaProdi Magister Pendidikan IPA UNCEN) dengan materi Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Keutuhan Bangsa. Hj. Khusnul Qotimah, SE (Koord. Bid. Peningkatan Mutu Pendidikan IGI Wil. Papua) pemateri Aplikasi Google Classroom dalam PJJ dan Sudin Lasahia, M.Pd (Sekwil IGI Papua) dengan materi Aplikasi Jitsi Meet untuk Pembelajaran on line.

Hal penting yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Papua terkait keberadaan IGI di Wilayah Papua, salah satu diantaranya adalah berharap agar IGI dapat berada di tengah-tengah gaung Pendidikan di seluruh daerah Papua, sampai ke pelosok.

Diketahui bahwa di Provinsi Papua ada 29 Kabupaten, namun baru di 2 daerah IGI bisa berdiri resmi yakni di Kab. Jayapura dan Kab. Keerom. Beliau berharap agar segera ada pengurus resmi di tiap-tiap daerah, berada bersama organisasi lain yang bergerak dalam dunia pendidikan.

Beliau juga berpesan kepada organisasi pendidikan selain IGI untuk saling membantu bersinergi bersama, semata-mata demi kamajuan pendidikan di Papua. Untuk himbauan ini, beliau berujar dalam bahasa yang bijak yakni: “Bila tanganmu tak mampu mencapai, maka gunakanlah tangan orang lain”.

Comments

comments