APA BEDANYA IGI DAN PGRI??

1
3188

Sangat sering saya ditanya soal ini, jadi mohon ijin saya jawab :

Pertanyaan : Daeng Ketum, saya ditanya orang apa bedanya IGI dan PGRI, saya jawab apa?

Jawab : Disampaikan saja bu :

Kami tidak dalam posisi membandingkan IGI dan PGRI karena kita tdk sedang bertanding tapi jika mungkin kita akan bersinergi memajukan kompetensi guru.

Organisasi hanya alat untuk meningkatkan kompetensi guru. Yang paling penting adalah meningkatkan kompetensi guru untuk memajukan pendidikan nasional.

Saya cukup menjelaskan tentang IGI saja :

1. IGI itu dibentuk sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia (KGI) jauh sebelum UU guru dan dosen disahkan dan jauh sebelum Anies Baswedan jadi menteri.

2. IGI Berkonsentrasi penuh pada peningkatan mutu guru, IGI tidak mengurusi selain itu kecuali terpaksa.

3. IGI tidak menarik iuran angggota

4. IGI Berusaha mandiri, tidak bergantung APBD dan APBD, lebih banyak swadaya atau sponsor dan kemitraan.

5. IGI lahir dari guru, dibentuk oleh guru bukan dibentuk dari atas, jadi IGI disatu kabupaten/kota ada karena dibentuk oleh guru-guru disana, bukan karena dibentuk dari atas.

6. IGI itu wadah guru berbagi dan saling menumbuhkan, jadi guru-guru hebat berbagi dengan yang belum hebat, guru mampu disatu aspek membantu guru di aspek yang dia kuasai lalu dibantu oleh guru lain pada aspek yang dia kurang. Sehingga terjai proses berbagi dan saling menumbuhkan.

7. Tidak semua guru harus masuk IGI, hanya guru-guru yang terpanggil yang masuk IGI, IGI juga tidak akan memaksakan siapapun masuk IGI.

8. IGI dari guru, oleh guru, untuk guru dan dipimpin guru. Maka kawan-kawan yang bukan guru tapi saat ini karena kepeduliaannya masih dalam kepengurusan IGI, akan segera menyesuaikan.

9. IGI Tidak akan berpolitik, anggota apalagi pengurus IGI jika ingin berpolitik harus keluar dari IGI demikin pula sebaliknya jika ada guru anggota parpol yang menjadi pengurus IGI, harus mundur dari keanggotaannya di parpol 100%, gerakan IGI pun tidak boleh menjadi gerakan politik.

10. IGI tidak akan menjadi kaki tangan pemerintah, tapi IGI akan membantu secara penuh pemerintah dalam meningkatkan kompetensi Guru.

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here