8 Jam Lebih Bersama LONTARA dan Kanal Pelatihan IGI

0
32

Hari Minggu yang ceria tepat nya tanggal 24 November 2019, sehari sebelum peringatan Hari Guru Nasional, tim LONTARA (Learning Online Nusantara) menggelar Video Conference bertajuk Temu Virtual Pelatih IGI 2019, sebuah kegiatan online yang berkonsep presentasi marathon secara virtual oleh kanal pelatihan IGI, baik kanal yang telah terdaftar di LPMP IGI maupun yang baru dan belum terdaftar. Kegiatan ini merupakan ide dari tim LONTARA yang mayoritas berdomisili di Sulawesi Selatan dan seluruh nya merupakan anggota dari Ikatan Guru Indonesia di daerah masing-masing. Komunitas alumni VCT ini berharap dengan adanya kegiatan Temu Virtual Pelatih IGI, akan lahir pelatih-pelatih dan kanal-kanal pelatihan baru yang memiliki semangat untuk bersama meningkatkan kualitas pendidik di negeri ini.

Alhamdulillah niatan LONTARA, bak gayung bersambut oleh banyak pihak, mulai dari Ketua Umum IGI dan Kepala LPMP IGI sangat merespon positif kegiatan ini, pengurus IGI di berbagai daerah serta para founder dan tim pelatih dari kanal pelatihan yang lebih duluan eksis juga turut serta memberi semangat untuk kanal-kanal pelatihan yang baru bermunculan dalam waktu 3 hari persiapan kegiatan ini. Tak lupa dukungan dari tim SADAR IGI sehingga kegiatan ini terfasilitasi oleh PSMK Kemdikbud dengan room event di psmk.webex.com dan terekam dengan baik selama 8 jam lebih. Keterlibatan dari seluruh Tim LONTARA yang siap siaga di tengah mepetnya waktu pelaksanaan adalah salah satu kunci, berhasilnya kegiatan ini. Partisipan (attendees) yang hadir sejumlah 30-70 orang setiap sesi nya, menambah semangat tim LONTARA, dimana Tim ini belum lama terbentuk dan belum pernah mengadakan kegiatan virtual selama 8 jam lebih, tapi dengan kemampuan sebagai instruktur VCT tentunya ini adalah salah satu ujian berkolaborasi kami. Kami yang biasanya hanya menggelar kegiatan virtual 2×2 jam seminggu utk LONTARA dan LONTARA Kids, kali ini berhasil menggelar kegiatan selama 8 jam lebih, tentunya hanya semangat kolaborasi dan belajar bersama yang menjadi modal utama kami.

Kegiatan Temu Virtual Pelatih IGI 2019, menampilkan presentasi dari sekian banyak kanal, yakni SAMISANOV, SAGUSAMOD, SADAR IGI dan SAGUSAMPE yang mewakili kanal-kanal yang telah eksis, SAGULING, SAGUBAMPER, SAGUGAMEPOINT, SAGUSAMAGS, GURCATI, SERU MAPEL K13, SAGUSAGEO, SAGUSAVLOG, SAGUSANOF DAN SAGUSAMETRAN sebagai kanal-kanal yang belum terdaftar, diantara kanal-kanal baru ini sebagian telah melaksanakan beberapa kali kegiatan dan ada juga yang baru akan memulai kegiatan pelatihan nya. Kanal SAGUSAMERU satu-satunya kanal yang batal tampil dikarenakan presenter nya memiliki kegiatan yang bertepatan dan sulit untuk ditinggalkan. Kegiatan ini ditutup oleh Arahan dari Kepala LPMP IGI bapak Khairuddin yang baru saja sampai di rumah dari Palembang, beliau menyampaikan syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar kanal yang baru ini bisa terdaftar sebagai Kanal Pelatihan Nasional di Ikatan Guru Indonesia. Imran Rosyadi mewakili Tim LONTARA menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dan berharap kanal pelatihan IGI yang jumlahnya lumayan banyak bisa mendongkrak kemampuan pendidik dalam menjalani profesinya…
Selamat Hari Guru Nasional
Selamat HUT ke-10 IGI

Sharing and Growing Together

Kami dari Tim LONTARA dengan semboyan “dari Sulawesi untuk Nusantara” berharap kolaborasi indah ini, berlanjut di kegiatan-kegiatan berikutnya.

Comments

comments