2019, IGI DKI Jakarta Siap Hadir di 1000 Sekolah dan Madrasah di DKI

1
392

Setelah peluncuran _School To School Training (STST) Program_ 2018 pada April 2018 lalu yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Kanwil Kemenag DKI Jakarta, STST mendapat respon luar biasa dari puluhan sekolah. Bahkan banyak sekolah dan madrasah yang meminta STST hadir kembali di sekolah/madrasah mereka. Pada tahun 2019 mendatang, STST siap digelar di 1000 sekolah DKI Jakarta.

STST merupakan Program Pelatihan mandiri dan gratis tanpa dana APBD Pemprov DKI Jakarta. Program ini murni atas inisiatif Pengurus IGI DKI Jakarta dan disupport oleh Pengurus IGI Daerah Jakut, Jakbar, Jaksel, Jaktim, Jakpus dan Kepulauan Seribu. Program STST dirancang oleh IGI DKI untuk membantu meningkatkan kompetensi guru. Program STST bertujuan untuk mengembangkan kecakapan guru dalam proses belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran digital serta metode pembelajaran interaktif dan inovatif. IGI DKI Jakarta akan menyiapkan Learning Facilitator ke sekolah yang dituju. ACER (Australian Council for Educational Research) yang sudah beberapa kali menggelar kegiatan bersama IGI DKI baik _sharing session_ maupun _survey test_ akan membantu melakukan research akan kualitas pelatihan dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi guru di DKI.

Pelatihan yang menjadi bagian dari STST Program antara lain pelatihan Guru Fasilitator, HOTS, Membuat Media Pembelajaran Digital, Pelatihan K-13, Literasi, Inquiry Teaching and Learning, Public Speaking for Teachers, Class Management, Interpersonal Skills, Ice Breaking, Konseling dan Pelatihan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

“IGI DKI menyadari bahwa setiap sekolah memerlukan pengembangan keprofesionalan guru yang berbeda, karena itu kami menawarkan berbagai macam pelatihan kepada setiap sekolah. Jadi sekolah bisa memilih jenis pelatihan sesuai yang dibutuhkan. Kami juga menyadari ketersediaan waktu luang guru guru untuk mengikuti pelatihan cukup terbatas, karena itu kami tidak menunggu para guru datang ke tempat pelatihan seperti pelaksanaan pelatihan pada umumnya, tapi kami datang ke sekolah-sekolah. Sehingga para kepala sekolah terlibat memonitor kegiatan dan aplikasi hasil kegiatan oleh guru gurunya dalam kegiatan pembelajaran sehari hari. Dengan demikian kegiatan pelatihan tidak hanya berhenti pada kegiatan pelatihan itu sendiri, namun yang lebih penting lagi adalah penerapan hasil pelatihan itu.”, ungkap Iwan Ridwan, Ketwil IGI DKI Jakarta.

Pendaftaran STST Program, pihak sekolah dapat menghubungi Sekretaris Wilayah IGI DKI Jakarta, Sdr. Syaripudin (WA 0853-1334-5914)

/Ref.: Danang.

Comments

comments