Webinar Nasional dan Workshop IGI Kab. Luwu Timur Diikuti Peserta dari 20 Provinsi di Indonesia dan Peserta dari Luar Negeri

0
1618

Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Luwu Timur berusaha tetap produktif dimasa pandemi covid-19 dengan berusaha mengakomodir masukan berbagai stockholder pendidikan mulai dari guru, peserta didik sampai pada orang tua sebagai ujung tombak dalam proses menuntaskan problematika pendidikan Indonesia khususnya Luwu Timur. Kondisi pandemi tidak menjadi opsi pesimisme untuk berdiam diri. IGI Luwu Timur berusaha melihat peluang, bahwa justru saat pandemi inilah saatnya untuk bergerak mengambil peran dalam proses Work From Home.

Dengan berbagai dilematisasi yang dialami oleh guru, peserta didik, dan orang tua, IGI Luwu Timur memanfaatkan waktu senggang yang cukup banyak akibat dampak WFH agar lebih produktif.  Saat seperti ini marak kegiatan WEBINAR maupun Online Workshop yang berusaha memberikan pengembangan kepada guru-guru demi menghadapi Home Learning.

IGI Luwu Timur pun berusaha terlibat dengan membuat WEBINAR Nasional sekaligus Online Workshop dengan berusaha menyentuh orang tua. Selama ini, berdasarkan berbagai masukan dan keluhan orang tua begitupun guru bahwa ada kesenjangan yang terjadi sehingga potensi maksimalisasi proses Home Learning tidak tercapai. Malah berujung pada kondisi stress yang akhirnya dialami oleh orang tua, peserta didik begitu pun guru.

Dampak Work From Home pada bidang pendidikan yang memunculkan tingginya tingkat stress guru, orang tua, dan peserta didik berusaha dicarikan solusi oleh IGI Luwu Timur dengan mengadakan Webinar Nasional dan Online Workshop dengan tema Sinergitas Guru dan Orang Tua “Merancang Learnig From Home Bebas Stres”. Dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara nasional Munif Chatib, penulis buku best seller sekolahnya manusia, gurunya manusia, orang tuanya manusia dan berbagai deretan buku yang mengulik tentang pendidikan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2020 via Microsoft teams ini berlanjut dengan online workshop pada tanggal 14 – 19 Juni dengan dipandu oleh pengurus IGI Luwu Timur dimana peserta dibimbing untuk membuat perencanaan pembelajaran bebas stress dengan format RPP satu lembar via google classroom.

Kegiatan pada tanggal 13 Juni diikuti oleh 143 peserta dari 20 provinsi diIndonesia dan juga melibatkan peserta dari dua negara shabat yaitu Malaysia dan Arab Saudi. Adapun peserta yang terlibat merupakan para guru, orang tua, dan mahasiswa.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WITA di awali oleh penjelasan dan aturan webinar oleh presenter acara Andi Lukman, kemudian sambutan oleh Ridwan Syam selaku ketua IGI Luwu Timur yang memberikan penjelasan terkait motivasi dan harapan pengurus dan panitia dalam kegiatan kali ini, selanjutnya sambutan kedua sekaligus membuka acara oleh Muhammad Ramli Rahim selaku ketua IGI pusat yang dalam sambutannya memberi gambaran peran dan sumbangsih IGI terhadap perkembangan pendidikan Indnonesia yang berhasil memberi motivasi dan semangat baru bagi seluruh peserta webinar dalam memberi sumbangsih sesuai perannya masing-masing demi pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Acara inti dibawakan secara elegan dan bermakna oleh pemateri bapak Munif Chatib yang dalam presentasi materinya berhasil memberikan gambaran kepada seluruh peserta tentang kondisi kekinian pendidikan Indonesia dalam menghadapi revolusi sistem pembelajaran e-Learning. Dia juga mengungkapkan bagaimana menyamakan paradigma, begitupun bagaimana membangun sinergi antara guru dan orang tua sehingga bisa melakukan re-skenario pembelajaran sebagai obat stress menghadapi learning from home. Dalam webinar kali ini Munif Chatib juga memberikan pemaparan tentang kurikulum inti abad XXI.

Antusiasme peserta sangat luar biasa yang terlihat dari banyaknya pertanyaan dan pernyataan yang di tuangkan dalam room chat sejak nara sumber memaparkan materinya dan berlanjut dengan antusiasme peserta untuk bertanya langsung ke pemateri setelah pemaparan materi selesai. Di akhir kegiatan, panitia yang dipandu oleh Andi Lukman selaku moderator dan Zulfadli selaku operator memberikan door prize bagi 10 peserta yang beruntung berupa pulsa data seratus ribu rupiah.  Doorprize ini merupakan bantuan dari sponsor kegiatan yaitu penerbit Erlangga.

Closing Statemen oleh Ridwan Syam sekaligus menjelaskan terkait persiapan kegiatan selanjutnya yaitu mekanisme pembimbingan DARING dan tidak lupa pula ketua IGI Luwu Timur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan yang terlibat seperti Dinas Pendidikan Luwu Timur, Kementerian Agama Luwu Timur, Cabang Dinas Wilayah XII Sulawesi Selatan, dan Penerbit Erlangga sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan maksimal.

Luwu Timur, 14 Juni 2020
Muhammad Rafiuddin

Comments

comments