SIAPKAN PELATIH HANDAL UNTUK SD DAN PAUD, IGI-STABILO KUMPULKAN GURU HEBAT DI JAKARTA

0
749

Ikatan guru Indonesia (IGI) akan memasuki babak baru dalam upaya peningkatan kompetensi guru SD, MI, TK dan PAUD. Jika selama ini ikatan guru Indonesia lebih banyak mengeksplor dan memaksimalkan informasi teknologi dalam upaya peningkatan kompetensi guru maka untuk SD dan PAUD ikatan guru Indonesia akan memaksimalkan kreativitas mengajar tanpa menggunakan IT.
Dalam upaya itu ikatan guru Indonesia telah melakukan seleksi terhadap ratusan guru berprestasi dari seluruh wilayah Indonesia dan akhirnya ikatan guru Indonesia menemukan 10 guru terbaik Indonesia yang berasal dari 6 regional dan akan dikumpulkan di Jakarta pada tanggal 22-23 April 2017
Komitmen ikatan guru Indonesia dalam upaya peningkatan mutu guru terus digelorakan tanpa berharap APBD dan APBN, semua kegiatan ini sama sekali tidak berasal dari iuran anggota karena ikatan guru manusia tidak menarik iuran anggota
10 orang calon pelatih ini akan berkumpul dalam kegiatan Master Coach Camp ditambah dengan masing-masing ketua pengurus Pusat IGMP yaitu ketua IG KSD dan ketua IG PAUD bersama dengan koordinator nasional peningkatan kompetensi guru non IT.
Untuk pengembangan kompetensi guru pada level SD dan TK PAUD, ikatan guru Indonesia menjalin kerjasama dengan stabilo Indonesia dan seluruh biaya pelaksanaan Master Coach Camp ini dibiayai oleh stabilo Indonesia.
Untuk selanjutnya stabilo Indonesia akan bersama-sama ikatan guru Indonesia akan menyelenggarakan jelajah peningkatan kompetensi guru pada 516 kabupaten kota di seluruh Indonesia 10 orang pelatih yang yang akan disiapkan ini akan diturunkan untuk melatih ratusan ribu guru TK PAUD dan SD serta MI di seluruh Indonesia

Ikatan guru Indonesia berharap kualitas guru-guru di Indonesia terus-menerus ditingkatkan, guru tidak boleh mengeluh hanya karena standar kelulusan PLPG minimal 80%.
Ikatan guru Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah untuk memasang standar tinggi terhadap guru-guru yang nantinya berhak menerima tunjangan sertifikasi guru, guru dengan kualitas rendah sangat tidak layak untuk diharapkan membayar janji kemerdekaan seperti dalam pembukaan undang-undang Dasar. Jika guru yang katanya sudah profesional saja hanya mampu dapat 60, bagaimana mungkin bangsa ini bisa berharap siswanya dapat nilai 100?
Master Coach Camp akan dilaksanakan selama 2 hari di Jakarta dengan format yang mungkin berbeda dengan pelatihan-pelatihan pada umumnya dalam MCC, semua pelatih bukan diminta untuk menerima materi tetapi seluruh peserta wajib memaparkan model metode cara dan keefektifan materi pelatihan yang akan diberikan nanti. Selain itu para pelatih ini juga harus menemukan cara-cara baru pelatihan efektif untuk guru-guru TK Paud dan SD di seluruh Indonesia mereka harus berdiskusi, berpikir keras dan menemukan cara-cara baru lalu mengaplikasikannya dalam pelatihan-pelatihan ikatan guru mata pelajaran masing-masing.
Bantaeng, 14 April 2017

Muhammad Ramli Rahim

Ketum PP IGI 2016-2021

Comments

comments