SAMBUTAN HARU ATAS KUNJUNGAN IGI PASCA BENCANA BANJIR BANDANG SENTANI, KAB. JAYAPURA

0
195

Tanggal 17 Mei 2019 IGI Wilayah Papua bersama IGI Kabupaten Jayapura mengunjungi daerah yang terkena musibah banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura. Dalam kunjungan ini pengurus IGI menyerahkan sumbangan pada salah satu sekolah yang terkena bencana banjir bandang Sentani yaitu di SD Negeri Kemiri. Sekolah ini mengalami kerusakan parah pasca diterjang banjir Bandang.

Sumbangan yang diberikan adalah donasi dari anggota IGI di seluruh Indonesia yang diumumkan dan dikumpulkan melalui group Whattapp IGI di berbagai daerah di Indonesia.

Rombongan IGI diterima di ruang Kepala Sekolah. Terlihat masih ruangan belum teratur rapi akibat bencana banjir yang melanda sekolah ini. Halaman sekolah pun penuh tumpukan pasir yang terbawa banjir saat bencana terjadi.

Sesaat usai memperkenalkan IGI oleh Ketua IGI Kabupaten Jayapura, Bpk. Heribertus, MM, terlihat Kepala Sekolah SD Inpres Kemiri, ibu Lucia V. Kopeuw, S.Pd menyeka air matanya dan memohon maaf. Lalu beliau menceritakan penyebab beliau menitikkan air mata, sambil tetap sesekali menyeka air matanya. Ibu Lucia berkata bahwa beliau sangat sedih, karena sebagai pengurus PGRI Kabupaten Jayapura, tidak sekalipun pengurus PGRI mengunjungi mereka, walau telah bertahun-tahun menjadi pengurus PGRI.

Ibu Lucia berujar bahwa mereka tidak perlu dibawakan sesuatu, cukup dengan sekedar datang mengunjungi, kami sudah senang. “Tapi mana, PGRI tidak pernah “menyapa” kami. Malah kini IGI yang datang dan membawa bantuan.” Tuturnya.

Kemudian ibu Lucia menutup wajah dengan kedu telapak tangannya dan terdengar berucap “saya berdosa. Selama ini telah berpikiran buruk terhadap IGI, tapi justru IGI lah yang perduli pada kami”. Ungkap bu Lucia.

Selanjutnya beliau bercerita tentang peserta didiknya yang terkena bencana, bahwa peserta didik ada sekitar 500-an orang, 300 orang terdampak bencana, 168 orang perlu “perhatian khusus”, 13 orang hilang (10 orang sudah ditemukan jenasahnya, yang 3 orang belum ditemukan hingga sekarang).

Mengakhiri kunjungan, kami menuju lapangan pasir, berfoto bersama tenaga pendidik dan beberapa peserta didik.

Penulis : Ketwil IGI Papua
Atas nama seluruh pengurus dan anggota IGI Wilayah Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada saudara/saudari sesama IGIers yang telah turut menyumbang.

Comments

comments