“Mudik”Ala IGI Tanah Bumbu, Kalsel

0
715

@Sri Supadmi, Pengurus IGI Kab. Tanah Bumbu, Kalsel.

Pagatan, T.Bumbu, Sabtu 08 Oktober 2016 di Gedung SKB Pagatan Kusan Hilir telah dilaksanakan  Temu Pendidik “ MUDIK”  yang dihadiri oleh  guru TK, SD, SMP, SMA, & SMK se-Kecamatan Kusan Hilir yang di dukung juga oleh forum KKG Pagatan.  Alhamdulillah acara dapat berjalan lancar dari awal sampai akhir, semua ini berkat kerja keras dari seluruh panitia penyelenggara dan pengurus IGI Tanah Bumbu.

Acara dimulai pukul 09.00 wita dengan agenda sebagai berikut :

1. Sosialisasi Penyusunan DUPAK, SKP dan PKG  Oleh bapak Sumarna, S.Pd yang kebetulan Beliau adalah pengurus IGI ;

2. Acara Kedua Sosialisasi Keberadaan IGI Tanah Bumbu oleh Bp Drs. Amran Ali, MM , beliau Wakil Ketua IGI Tanah Bumbu

3. Terakhir Sosialisasi Pubilkasi Ilmiah “ Menulis Artikel” Tidak sulit oleh Ibu Sri Supadmi, S.Pd (pengurus IGI & Pembimbing amatir Publikasi Ilmiah IGI)

Acara temu pendidik “MUDIK” baru pertama  kali dilaksanakan , tetapi  Alhamdulillah peserta yang datang luar biasa , semangatnya dan antusiasnya dalam mendengarkan dan menyimak sesi demi sesi sampai akhir acara.

 

MUDIK kali ini yang diadakan oleh Pengurus IGI sekaligus panitia penyelenggara memiliki tujuan yaitu diantaranya para Guru yang nota bene guru TK, SD masih banyak yang gaptek ( pengakuan dari ketua KKG) diharapkan mereka bisa Melek IT, sehingga bisa mempermudah dalam pekerjaannya sebagai guru yang profesional. Guru profesional bukan hanya bisa mendidik, membimbing, memberikan materi di kelas untuk di serap, dipahami siswa, tetapi juga bisa membuat inovasi, karya baik dalam model pembelajaran juga dalam karya tulis ilmiah ataupun publikasi ilmiah, yang nantinya menjadi kebiasaan guru untuk belajar menulis, memperbanyak membaca. Bukan hanya menyuruh siswanya untuk pandai menulis, rajin membaca, tetapi diharapkan guru pun pandai menulis ataupun rajin membaca. Karena dengan membaca akan membuka cakrawala pengetahuan bagi kita.  Dengan guru bisa menulis atau membuat karya ilmiah, publikasi ilmiah, karya inovasi, guru tersebut tidak akan mengalami kendala dalam kenaikan pangkat juga tidak ketinggalan dalam Melek IT, karena guru adalah pembelajar dan harus terus belajar sepanjang hayatnya, “ Long Life Education”.

Sebagai  pembimbing artikel di kepengurusan IGI saya juga memberikan motivasi agar guru  tidak merasa minder, kita semua yakin bahwa semua orang punya potensi untuk terus di gali dan dikembangkan agar menjadi karya yang bisa dibanggakan oleh diri kita, siswa kita dan keluarga kita. Menulis artikel tidak sulit kuncinya ada niat, ada motivasi diri untuk menulis apa yang mau ditulis, kalau bisa satu guru satu karya artikel dan di publikasikan di Koran Radar yang sudah mencetak karya-karya guru  kita. Bahkan dalam 2 bulan ini Koran Radar diborong oleh orang-orang Tanah Bumbu dengan bimbingan pembimbing yang sudah terbiasa masuk Koran artikelnya baik Koran Radar maupun Koran Banjarmasin Post.

Sebagai awal mula pertemuan memang ada yang langsung menggelitik ingin segera ingin menulis dan minta bimbingan langsung, namun ada juga yang masih ragu-ragu atau bingung untuk menentukan tema dll. Oleh karena itu mereka mengharapkan lewat IGI akan ada pertemuan langsung yang khusus membahas dan membuat artikel atau PTK/PTS. Pembimbing sarankan bagi yang sudah masuk anggota IGI dan punya KTA IGI bisa langsung konsultasi dengan pembimbing lewat WA/ Email langsung ke pembimbing yang di sukai. Karena Di organisasi IGI, mengharapkan tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain, jadi untuk pembimbingan lewat moda daring / online, sampai akhirnya artikel layak dimuat / di publikasikan kemudian mereka yang sudah masuk Koran akhirnya ketagihan pengen menulis dan menulis.

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, hingga diujung acara pukul 15.00 wita acara ditutup. Mereka ingin melanjutkan untuk pertemuan berikutnya. Setelah acara selesai kami pulang, teman-teman  pengurus IGI masih dalam ruangan saya. Karena jauh mau segera pulang, ternyata di ruang SKB sebelah masih ada perkuliahan PGTK, saya di panggil oleh tutornya yang kebetulan juga saya kenal. Ternyata beliau berdua bertanya sedang ada acara apa?, juga bertanya kepada saya tentang IGI, keberadaan IGI, manfaat IGI, visi misi dll. Kami terangkan panjang lebar, kemudian mereka kasih acung jempol katanya mau gabung lain waktu. Alhamdullillah

Demikianlah segenap rangkaian acara demi acara hari ini di gedung SKB Pagatan Kusan Hilir, meskipun belum sempurna karena baru pertama kalinya, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama panitia dan pengurus IGI Tanah Bumbu juga seluruh peserta Mudik kali ini dengan harapan kita akan bisa maju kedepan, dengan IGI mari kita saling berbagi seperti semboyan IGI Sharing and Growing.

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here