BUAT PARA GURU BLOGGER: MENULIS ITU TIDAK MUDAH TETAPI SANGAT MUDAH

(Sesi Menemu Baling, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga, 5 menitan berulang sambil menunggu istri berbelanja kerudung, Kreteg Wesi Sampangan, 18 desember jam 14.30 sampai jam 15.00.)

0
974
Collaborative Writing

Banyak orang mengatakan bahwa menulis itu sulit tetapi sebagian kecil mengatakan bahwa menulis itu mudah, dan hari ini saya mengatakan bahwa menulis itu tidak saja mudah tetapi sangat mudah. Mengapa demikian? Karena hampir setiap orang hari ini menggunakan telepon pintar berbasis Android. Dan kemudahan itu rahasiasnya ada pada ponsel pintar Android yang mereka miliki. Menulis tidak akan hanya semudah membalik telapak tangan tetapi akan semudah menghirup dan menghela nafas. Sangat mudah sekali. Tidak percaya?

Pree Writing dengan memanfaatkan Graphic Organizer

Sebagaimana kita ketahui berdasarkan rilis terbaru dari perusahaan Google pada akhir tahun 2016 bahwa jumlah pengguna ponsel pintar berbasis Android sampai saat ini tercatat lebih dari 1,4 miliar di seluruh dunia. Tetapi banyak dari mereka mengambil sebagian kecil manfaat dan kecanggihan dari ponsel pintar tersebut serta cenderung mengabaikan begitu saja sebagian besar kemampuan dahsyat dari kepintaran ponselnya. Kalau mau jujur mengakui mereka itu termasuk kita. Boleh jadi kita bermain game dari yang santai sampai yang rumit, menulis email, atau yang paling sering kita ber-social media dengan Facebook, BB, WhatsApp atau Telegram, kita juga memanfaatkan omny scanner untuk mengubah gambar ke teks atau memberdayakan google translate untuk memahami hampir semua bahasa di dunia, bahkan sampai bloggingpun kita menggunakan Android. Sayangnya untuk melakukan kegiatan tulis-menulis di Android kita masih banyak mengandalkan jari-jemari kita secara konvensional. Kita menulis sampai pegal, jari jemari kita “keriting”, dan hanya yang ahli saja yang bisa menulis cepat. Bahkan ada blogger teman saya yang jarinya harus dirawat karena terlalu banyak menulis dengan ponsel BB saat itu. Sudah susah payah menulis, yang seringkali muncul adalah typo alias kesalahan-kesalahan tulis. Ini seperti yang sering saya alami beberapa waktu yang lalu karena jari-jemari sayang terlalu besar sementara ponsel pintar saya menyediakan keyboard yang terlalu kecil ukuran tutsnya.

Logo Menemu Baling

Kita tahu bahwa ponsel-ponsel pintar yang berbasis Android selalu terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi besutan perusahaan berbasis komunitas terbesar di dunia yaitu Google. Platform atau operating system Android sendiri juga merupakan hasil besutan perusahaan ini. Karena segala sesuatunya berbasis komunitas maka aplikasi-aplikasi yang diciptakan pun terus berkembang sesuai dengan masukkan untuk perbaikan dari berbagai komunitas pada masyarakat di seluruh dunia, sehingga semakin ke sini aplikasi-aplikasi tersebut menjadi semakin sempurna. Jadi tidak heran sejak kelahiran Google oleh Larry Page dan Sergey Brin yang dimulai pada tanggal 7 September 1998 sampai sekarang banyak muncul aplikasi-aplikasi berbasis komunitas yang sangat powerfull. Sebut saja mesin pencari Google, Google maps, Google chrome, Google keyboard, Google plus, Google text to speech, Google terjemahan, dan lain-lain yang terus bergerak menuju kesempurnaan.

Jika diberdayakan maka ponsel pintar Android yang kita miliki yang sudah didukung oleh aplikasi-aplikasi tersebut akan menjadi sangat powerfull termasuk di dalam mendukung keterampilan tulis menulis. Jadi apa yang saya katakan bahwa menulis itu sangat mudah karena semudah bernafas bukanlah sesuatu yang dikarang-karang dan mengada-ada, karena pada saat saya menulis artikel ini pun sesungguhnya saya tidak menggunakan jari jemari untuk mengetik tetapi saya menggunakan mulut saya untuk menulis. Dan saya bukannya orang yang suka beropini tanpa memberikan solusi. Untuk itulah maka sebagai bonus saya sudah menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mengintegrasikan lima buah software untuk memudahkan kegiatan membaca dan menulis dengan cara modern. Apakah itu? Itulah Aplikasi Metode Menemu Baling atau menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Silakan dowbload free di www.igi.or.id/download.

Jika Anda adalah seorang blogger atau lebih tepatnya guru blogger maka jangan sia-siakan kesempatan untuk memanfaatkan aplikasi yang sangat powerfull ini. Jika Anda sudah berhasil menginstal mesin pencatat pada aplikasi Menemu Baling maka tinggal klik satu tombol kirim ke aplikasi blogging semuanya langsung terposting. Aplikasi  Wordpress, Kompasiana, Blogspot atau aplikasi blogging yang lain yang sudah terinstall dalam android Anda akan menerima tulisan Anda  dalam waktu hitungan detik dan tinggal menyentuh tombol publikasi maka saat itu juga tulisan anda sudah tersebar di internet melalui blog Anda. Selamat mencoba.
Salam Pergerakan Pendidikan!

Sekjen IGI
Mampuono
#Menulis lima menit setiap hari sama saja membuat buku 1000 halaman setahun.

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here