Menulis 5 Menit Perhari, Mencipta Buku 1000 Halaman Pertahun

( Sesi Menemu Baling, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga sambil menyopir dari kantor menuju rumah, 20 desember 2016 pukul 17.00 sampai 17.25 )

0
1757
Sumber: http://s1184.photobucket.com/user/letstalktoys/media/Animated%20GIFs/nurse_animated.gif.html

Jika kita memiliki kebiasaan menulis selama 5 menit dalam satu hari maka kita bisa menciptakan sebuah buku setebal 1000 halaman dalam satu tahun! Benarkah?

Tampaknya apa yang penulis sampaikan terkesan bombastis dan mengada-ada. Bahkan mungkin ada yang mengira ide itu keluar dari nalar yang kurang sehat, penghayal, penggemar cerita mistis semacam “Alaming Lelembut” pada majalah berbahasa daerah, atau bahkan pemimpi di siang bolong yang sudah lama susah mendapatkan impiannya. To tell you the truth, sebenarnya itu adalah fakta tak terbantahkan.

Mari kita coba melakukan analisa dan membuat perhitungan-perhitungan yang akurat dari fakta yang ada, lalu kita buktikan benar apa tidak apa yang sudah penulis kemukakan. Sebaiknya kita mulai dari membahas jumlah waktu dan produk yang dihasilkan dalam aktivitas menulis terus-menerus selama 5 menitan dengan metode Menemu Baling. Berdasarkan pengalaman penulis ketika menulis menggunakan metode ini dalam waktu kurang lebih 5 menit, penulis bisa menghasilkan 5 paragraf dengan jumlah kata kurang lebih 180 kata setiap paragraf. Ini riil dan bisa dicoba bagi yang sudah download dan instalasi aplikasi metode Menemu Baling.

Jika kelima paragraf tersebut digabungkan maka kita akan mendapatkan sejumlah kurang lebih 180 kata kali lima. Ini artinya dalam 5 menit kita bisa menghasilkan 900 kata. Kecepatan optimum yang kita lakukan dalam menulis dengan mulut ini bisa mencapai 180 kata per menit. Artinya dalam satu detik kita bisa menghasilkan 3 kata. Dengan catatan setingan bahasa yang digunakan sudah offline sehingga tidak tergantung dengan bandwidth internet yang kadang naik turun dan menghambat kecepatan aktivitas menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga.

Tentu di dalam 5 menit itu bisa saja terdapat jeda, dan kita tidak memasukkan jeda-jeda tersebut ke dalam hitungan 5 menitan tersebut. Kita menggunakan perhitungan waktu bersih dalam 5 menit itu untuk sejumlah kata yang dihasilkan. Jika 900 kata dalam lima paragraf itu kita uraikan di dalam halaman buku seukuran setengah kali kertas A4 maka kita bisa mendapatkan sejumlah kurang lebih 3 halaman buku. Setiap halaman berisi 300 kata. Itu artinya setiap hari kita menghasilkan 3 halaman buku! Maka dalam waktu satu tahun yang jumlah harinya adalah 365 hari kita akan menghasilkan sejumlah 365 dikali 3 halaman buku. Berarti ada 1095 halaman buku. Dan jika kita abaikan kelebihan angka 95 ini maka tidak muluk-muluk kiranya, seribu halaman buku itu benar-benar bisa diwujudkan.

Jadi kata-kata bahwa menulis tidak lagi mudah tetapi mudah sekali, semudah menghela nafas, itu adalah sesuatu yang nyata. Orang mungkin tidak akan pernah percaya sebelum melakukannya. Kita bisa meminjam langkahan dalam pendekatan scientific, mulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, lalu mempresentasikan hasilnya.

Mulailah segera menyusun buku setebal 1000 halaman melalui pembiasaan  diri menulis selama 5 menit setiap hari dengan menggunakan metode Menemu Baling. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya dan letakkanlah pikiran pada level great minds, dimana ide-ide besar dan kreasi-kreasi menakjubkan muncul di sana. Ilmu dan pengalaman berharga yang seharusnya kebermanfaatannya bisa sampai kepada anak cucu ketika kita tuliskan, jangan sampai musnah begitu saja jika hanya berhenti pada ucapan.

Selamat menemani putra putri yang sedang libur sekolah sambil mempraktekkan menulis 5 menitan setiap hari, niscaya terciptanya buku setebal 1000 halaman sudah menanti. Setahun ke depan impian yang dimulai hari ini  akan menjadi kenyataan. Tentu atas usaha sungguh-sungguh dan ijin Tuhan.

Salam pergerakan pendidikan!

Sekjen IGI
Mampuono
Founder Metode Menemu Baling

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here