MELAKUKAN SETTING KEYBOARD UNTUK MENEMU BALING

(Sesi Menemu Baling, menulis dengan mulut membaca dengan telinga, sambil menunggu flight ke Semarang 18-12-2016, jam 17.00-17.30)

0
3276
Google Keyboard dengan icon mic di kanan atas.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Metode Menemu Baling IGI atau Menulis dengan mulut dan Membaca dengan telinga adalah perpaduan lima software yang saling mendukung agar metode tersebut bisa berjalan. Untuk membantu para pengguna aplikasi tersebut agar terimplementasi secara efektif, tulisan ini mencoba memberikan penjelasan agar bisa menjadi petunjuk sekaligus sebagai trouble shooting terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para pengguna aplikasi tersebut.

Tulisan ini menjelaskan cara mensetting keyboard dari A sampai Z sehingga akhirnya Tablet Sagusatab IGI akan memunculkan tombol mikrofon yang siap mengubah setiap ucapan pengguna menjadi teks tertulis. Untuk melakukan setting pada keyboard pada tablet Sagusatab IGI saat akan mengimplementasikan Metode Menemu Baling, langkahnya-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi mesin Pencatat (Color Note) yang sudah terinstal sebelumnya dengan cara menyentuh ikonnya pada layar Tablet Sagusatab IGI.
2. Setelah aplikasi terbuka, sentuh tombol berupa ikon lembaran file baru berwarna abu-abu yang ada ditengah halaman sehingga muncul tombol + di pojok kanan atas halaman.
3. sentuh tanda + tersebut sehingga muncul pilihan tombol teks dan daftar centang. Pilihlah tombol teks.
4. Sentuh sembarang tempat pada halaman mesin pencatat untuk memunculkan keyboard.
5. Lakukan pemeriksaan terhadap keyboard apakah sudah muncul simbol mikrofon yang letaknya berada di sebelah kanan spasi, di sebelah kiri spasi, atau di pojok kanan atas keyboard. Khusus untuk pengguna Samsung keyboard biasanya jika sudah mensetting “Pengetikan Google Voice” secara otomatis maka tombol mikrofon akan muncul bilatombol roda gigi di sebelah kiri spasi ditekan agak lama.
6. Sentuh tombol tersebut untuk memulai aktivitas Menemu atau menulis dengan mulut.
7. Kirimkan hasil tulisan untuk dibaca dengan telinga ke mesin pembaca Voice Aloud Reader.

Catatan tambahan:
Ada beberapa gadget Android yang belum memunculkan fitur tombol microphone pada keyboard bawaannya dari pabrik. Misalnya dari merk Lenovo, Asus, Mito, Cross, dan lain-lain. Untuk itu aplikasi Menemu Baling yang mengintegrasikan beberapa software yang termasuk didalamnya adalah Google Keyboard akan bisa mensetting munculnya mikrofon itu. Jika semua tahapan pada instalasi aplikasi Menemu Baling sudah dilalui ternyata mikrofon tidak muncul juga maka yang harus dilakukan adalah melakukan setting pada menu”Bahasa dan Masukan” pada tablet Sagusatab IGI. Setelah menu itu terbuka atur pada menu Keyboard Default agar keyboard yang aktif adalah Google Keyboard. Pastikan juga bahwa menu Pengetikan Google Voice tersetting otomatis sehingga begitu keyboard Google muncul di pojok kanan atas langsung terlihat tombol mikrofon. Manfaatkan tombol tersebut untuk memulai aktivitas Menemu atau menulis dengan mulut dengan menyentuhnya.
Selamat mencoba.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here