Kunjungan Ilmiah IGI Kota Bogor Ke SEMEO BIOTROP

0
189

Selasa, 9 April 2019 , pukul 13.00 hingga 17.00 IGI KOTA BOGOR melaksanakan kegiatan kunjungan Ilmiah ke SEAMEO BIOTROP di daerah tajur, Bogor. Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang cara pembuatan Parfum dan proses budidaya jamur.

Acara dimulai pukul 13.15, peserta yang hadir dari guru guru kota bogor, kabupaten bogor, bekasi, dan kota/ kab Sukabumi. total peserta 103 orang berasal dari berbagai berbagai level SMP, SMP, SMA. Acara diawali dengan sambutan IGI Kota Bogor Wulan Widaningsih, menyampaikan maksud kedatangan yaitu ingin bersilaturahmi dengan jajaran karyawan biotrop sekaligus menimba ilmu penbetahuan . tak lupa ibu Wulan mensosialisasikan pula tentang IGI kepada peserta dan pihak biotrop.

Selanjutnya pihak Biotrop memberikan pemaparan materi , ibu kiki , pa ardnold, dan pa sukmawardana secara bergantian memaparkan materi kepada peserta tentang apa saja yang menjadi objek telitian dan apa saja teknologi yang dikembangkan di biotrop. Seameo Biotrop tajur ini ternyata bagunan pertama yang dibuat sebelum intansi Seameo lainnya. yang bergerak di bidang teknologi pangan dan tanaman dan sudah 50 tahun ini menyumbangkan berbagai temuan dan pengembangan pertanian ke seluruh Asean. tak lupa IGI Kota Bogor memberikan cendramata kepada pihak biotrop.

Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke lab -lab , kami dibagi 4 kelompok , dengan masing masing pemandu, setiap kelompok 25 orang. kami diarahkan ke lab pembuatan parfum, ke lab penelitian hama tanaman, ke lab budidaya jamur, ke lap pengolahan pangan, ke lab hidroponik dll. disini kami banyak belajar, dan ada beberapa guru yang bertanya tentang kerjasama lanjutan untuk pengembangan di sekolah masing masing. seperti memesan perlengkapan hidroponik, membeli media tanam jamur, atau membeli ekstrak parfum. alhamdulilah pengetahuan bertambah lewat kunjungan ini.

kegiatan diakhiri dengan foto bersama di halaman SEAMEO BIOTROP, setiap peserta merasa puas dan kegiatan pun berakhir pukul 17.00. Mudah mudahan denga kegiatan ini dapat mendongkrak jumlah peserta IGI serta dapat dilakukan kegiatan lanjutan yang dapat bermanfaat bagi guru Indonesia. Amiin

selasa9/04/2019
Wulan W
#salam dasyat

Comments

comments