KECINTAAN KEPALA KEMENAG HULU SUNGAI TENGAH KEPADA IGI

(Sesi MENEMU BALING, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga sebelum sesi inti seminar di mulai, Barabai Kalsel, 21 November 2016)

0
625

 

Pagi ini alhamdulillah saya bisa hadir agak pagi  di Pendopo kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Yang mengesankan, saya lagi-lagi dikejutkan dengan Beberapa fenomena menarik tentang IGI kalimantan selatan yang terus dibesut kualitasnya oleh Gusti Surian, Bendahara Umum IGI ini. Setelah hari sabtu kemarin saya dikejutkan oleh walikota berseragam IGI kali ini muncul lagi kejutan yang lebih seru.  Betapa tidak,  pagi-pagi tadi begitu saya memasuki ruangan Aula atau Pendopo Kabupaten  Hulu Sungai Tengah tiba-tiba seorang pengurus IGI menyodorkan kepada saya sebuah kartu anggota IGI. Saya pikir yang  namanya kartu anggota IGI dimiliki seorang pengurus itu biasa saja, tetapi ketika dia menerangkan bahwa kartu itu adalah milik Kepala Kemenag Kabupaten HST maka saya menjadi terperanjat. Ini sekali lagi amazing!

Bagaimana seorang Kepala Kemenag pun menaruh hati kepada IGI tentu ada alasannya. Bisa saja kita menduga bahwa perjuangan IGI selama inilah yang menjadi pemicunya karena kita sudah sepakat untuk meningkatkan kompetensi semua guru di Indonesia. Tidak peduli guru yang berada di bawah Kendikbud  maupun Kemenag. Tetapi tunggu dulu. Kejutan ternyata masih berlanjut. Ternyata sesaat kemudian datang seseorang pejabat yang berseragam IGI. Beliau adalah kepala Kemenag kabupaten HST. Seragam itu  sebagai bukti bahwa beliau mendukung eksistensi dan kiprah positif IGI serta beliau   sudah menjadi anggota IGI yang baik. Saya berkesempatan  bertemu dan berdiskusi ringan  dengan beliau  Tidak banyak kepala Kemenag yang seperti ini, pemikirannya progresif dan  memiliki perhatian yang sangat besar pada kemajuan pendidikan di kabupaten HST.  Ini sungguh membuat saya berbahagia. Saya sangat berterima kasih dan mengagumi usaha keras yang sudah dilakukan para pengurus IGI HST sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta para tokoh penting di HST kepada IGI.

Kepala Kemenag kabupaten HST ini  bernama Haji Muhammad Yamani.  Saya  mencoba menanyakan mengapa beliau tertarik untuk bergabung dengan IGI. Apa yang menjadi alasan  beliau sehingga beliau jatuh cinta pada IGI dan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan IGI. Supaya lebih mudah saya segera menggunakan metode MENEMU BALING, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga, untuk menuliskan semua komentar beliau

Berikut petikan langsung ungkapan pak Kepala Kemenag .

T: Apa alasan bapak untuk bergabung dengan IGI?

J:  Beberapa alasan saya bergabung dengan IGI, yang pertama saya melihat IGI ini kelihatannya itu bentuk konkret kerjanya terlihat begitu. Jadi tidak banyak teori tetapi langsung ada aksi di lapangan. Kemudian dalam setiap kegiatannya itu selalu melibatkan banyak orang. Jadi pandai istilahnya itu menarik masa.  Dari ini mungkin karena trik-trik tersendiri sehingga IGI banyak digemari guru. IGI itu modern yang selanjutnya juga kawan-kawan di IGI ini itu berpikirnya itu sosial begitu.  Sosial karena mereka dalam setiap kegiatan itu tidak ada mencari keuntungan tapi semata-mata untuk pengembangan SDM para guru kita. IGI jga mengedepankan penguasaan IT untuk pembelajaran dan ikhlas menularkannya ke guru-guru yang lain sehingga setiap even IGI selalu ada hal-hal baru yang dinanti dan dibutuhkan para guru.

Demikian ungkapan jujur seorang Kepala Kemenag HST yang menjadi pendukung utama kebaikan-kebaikan yang senantiasa ditebarkan kepada guru dan pendidikan di Indonesia oleh IGI.

 

Salam Pergerakan Pendidikan!!!

Sekjen IGI

 

Mampuono

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here