JANGAN MIMPI PROGRAM LITERASI PRODUKTIF BISA SUKSES, BILA KITA MASIH TERJANGKIT PENYAKIT INI

1
1329

Program Gerakan Sejuta Guru Trampil Literasi Produktif adalah program yang sudah ketuk palu. Artinya program ini wajib sukses bila IGI ingin diakui eksistensinya sebagai organisasi guru kelas dunia.

Namun, bagi banyak organisasi, program hanya tinggal program, semangat hanya diawal setelah itu melempem, bangkit diawal setelah itu down.

Untuk menghindari penyakit tersebut, kita harus mengenali penyebabnya. Ada 3 kebiasaan yang perlu diwaspadai:

1. Kebiasaan Menunda nunda
Procrastination adalah kebiasaan menunda nunda yang menjadi biang keladi kegagalan suatu program. Kita barangkali terbiasa menggampangkan proses yang sudah kita jadwalkan, kita berpura pura mampu menyelesaikan pekerjaan dan berharap ada keajaiban pada in the last minute di waktu yang mepet.

Apa langkah mengalahkan kebiasaan tersebut:
a. Buatlah prioritas
Buat kategori berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Letakkan kebutuhan literasi produktif sebagai kebutuhan dan tempatkan keinginan di paling akhir.

b. Tetapkan Skedul Bayangan yang lebih awal dari deadline, dan taati sebagai pemicu anda.

c. Disconnect Media Sosial
Agar anda fokus menyelesaikan karya buku Anda, matikan jaringan internet, dan buka kembali saat istirahat.

2. BERORIENTASI PADA HASIL
Bila Anda berfokus pada hasil, maka Anda tidak bisa menikmati prosesnya. Pekerjaan akan menjadi beban. Temukan kebahagiaan Anda di setiap proses dan nikmatilah

3. TERGODA KANAL LAIN
Kanal yang ditawarkan IGI semuanya seksi, Anda harus fokus pada satu kanal dan jangan tergoda dengan iming iming kanal lain. Namun, bila Anda sudah trampil di satu kanal, tidak ada salahnya berpoligami ( ufffh maaf ibu ibu).

Semoga kita dapat mengubah penampilan guru Indonesia agar lebih smart, percaya diri, dan tangguh seperti ketum IGI MRR hehehee,,,

Salam IGI

JOKO WAHYONO

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here