IGI Parepare “Bergosip” Di Masa Pandemi Coronavirus

0
704

PAREPARE, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Parepare, gelar pelatihan online yang dikemas Go Online Sharing (Gosip). Gosip ini digelar dua kali setiap pekan, malam Kamis dan Senin.

Ketua IGI Kota Parepare, Syaiful Mahsan, mengatakan, Gosip ini mengisi kegiatan pembelajaran selama Work From Home(WFH). Pandemi wabah Covid-19 ini, kata dia, menjadi momentum bagi para tenaga pengajar memanfaatkan aplikasi pembelajaran jarak jauh.

“Anggota dan pengurus IGI, tetap berkomunikasi dengan anak didiknya. Proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai kurikulum di sekolah,” katanya.

Mereka memanfaatkan media elektronik untuk mengorganisasikan kelas “maya” sehingga anak didik tetap nyaman dan tertarik untuk belajar.

“Perusahaan penyedia jasa internet di dunia seperti Google, Yahoo, Microsoft, Amason, menyediakan aplikasi pembelajaran gratis,” katanya.

IGI Kota Parepare sedang giat-giatnya memberikan bimbingan kepada guru untuk mengeksplore dirinya memanfaatkan informasi teknologi (IT), menghidupkan kelas maya tersebut.

Salah satu program IGI Parepare yang sangat diminati guru kita, GOSIP. Kini menjadi wadah berbagi pengetahuan menggunakan metode video conference.

Gosip bisa diikuti semua guru di Kota Parepare dan Indonesia secara gratis dan dapat mengambil materi dan rekaman tutorial yang dipresentasikan pemateri.

“Respon guru mengikuti Gosip ini sangat tinggi. Bahkan guru dari luar derah pun dapat mengikutinya. Gosip periode keenam dikuti guru dari Makassar dan Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Gosip yang tayang dua kali satu minggu itu, kata dia, mengutamakan materi turorial pengunaan aplikasi pembelajaran online seperti Zoom Cloud Meeting, Goole Classroom, Google Form untuk PPBD, mkembuat Flyer, pembuatan buku elektronik, dan Sharing Pembelajaran STEM.

“Kami berharap acara Gosip ini, memberikan kontribusi positif kepada pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional guru terutama di masa Pandemi Covid-19,” katanya. (hairil)

Comments

comments