Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Program Pertama IGI Pandeglang

0
903

Melalui GLS Kita Tingkatkan Kompetensi Membaca dan Menulis Guru di Pandeglang

Oleh : Dede Wahdiati

IGI Daerah Kabupaten Pandeglang telah terbentuk dan dilantik pada tanggal 23 Oktober 2016 oleh ketua umum IGI Pusat, Muhamad Ramli Rahim di Universitas Banten Jaya Serang. Setelah dilantik bersama jajaran pengurusnya, ketua IGI Daerah Kabupaten Ibu Neli Fori Karliana mengatakan bahwa IGI Pandeglang langsung akan mengadakan kegiatan perdananya tanggal 24 Oktober 2016 di SMKS Baitul Hamdi. Kegiatan ini menghadirkan seluruh guru baik guru SD, SLTP, maupun SLTA dengan tema kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) “Melalui GLS Kita Tingkatkan Membaca dan Menulis Guru di Pandeglang”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum IGI pusat Bapak Muhamad Ramli Rahim.

Membaca-menulis (literasi) merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri pendidik (guru) akan mempengaruhi tingkat keberhasilan peserta didik baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Menulis dapat membuat pikiran kita lebih tertata tentang topik yang kita tulis, membuat kita bisa merumuskan keadaan diri, mengikat dan mengonstruksi gagasan, mengefektifkan atau membuat kita memiliki sugesti (keyakinan/pengaruh) positif, membuat kita semakin pandai memahami sesuatu (menajamkan pemahaman), meningkatkan daya ingat, membuat kita lebih mengenali diri kita sendiri, mengalirkan diri, membuang kotoran diri, merekam momen mengesankan yang kita alami, meninggalkan jejak pikiran yang sangat jelas, memfasihkan komunikasi, memperbanyak kosa-kata, membantu bekerjanya imajinasi, dan menyebarkan pengetahuan.

Kegiatan GLS tersebut dihadiri oleh 50 orang guru sekabupaten pandeglang. Dan dengan kegiatan tersebut IGI Pandeglang mengharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di Pandeglang.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here