Di Balik WWW.CECEPGAOS.COM

1
534

Cecep Gaos

Pagi hari tadi, tanggal 18 Januari 2017, saya coba mengakses blog yang telah saya buat dalam Workshop Online SAGUSABLOG Gelombang 5 dengan menggunakan salah satu Custom Domain gratis dengan alamat blog www.cecepgaos.ga. Namun alangkah terkejutnya saya mendapati blog saya tidak dapat diakses, hanya menampilkan beberapa related links yang lain. Awalnya saya berbaik sangka dengan bergumam dalam hati barangkali jaringannya yang sedang tidak bagus. Akhirnya sayapun menunggu beberapa saat dengan harapan koneksi internetnya lebih bagus sembari me-restart laptopnya. Dengan penuh rasa penasaran, saya pun kembali mengakses blog saya tersebut. Lagi-lagi blognya tidak bisa menampilkan halaman yang saya harapkan, hanya menampilkan tampilan yang sama dengan sebelumnya.

Setelah berkali-kali saya coba buka halaman blognya dengan hasil yang sama, akhirnya saya menanyakan hal ini kepada Mr.Mung, sang master Sagusablog. Mr. Mung menyampaikan bahwa domain yang saya pakai tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Kemungkinan domain tersebut sekarang dijual karena ada kebijakan dari pengelola domain tersebut. Kemudian Mr. Mung memberikan alternatif solusi, yaitu mengembalikan lagi ke blogspot (domain gratis) atau jika memungkinkan menggunakan domain premium (berbayar). Lalu saya menanyakan cara membeli salah satu domain premium, yaitu .com.

Singkat kata, dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain .com untuk blog saya. Kemudian saya mencoba melakukan custom domain blogspot ke Top Level Domain (TLD) tersebut dengan mengikuti panduan di https://www.youtube.com/watch?v=iBGpHlu1Lr8 dan arahan Mr. Mung.  Dengan sedikit susah payah akhirnya selesailah melakukan custom domain tersebut dengan alamat blog www.cecepgaos.com .

Alangkah bahagianya saya karena telah memiliki blog dengan menggunakan TLD .com. Dengan penuh semangat, kemudian tidak menunggu terlalu lama saya pun langsung mencoba sedikit memodifikasi dan melengkapi blog saya tersebut sekaligus membuka serta mengeksplor isi Cpanel Domain yang sudah saya beli tersebut. Ternyata dengan TLD .com tersebut saya bisa memiliki e-mail domain sendiri. Alamat e-mail saya tersebut adalah gurukotapadi@cecepgaos.com . Di samping itu, saya pun dimungkinkan untuk bisa membuat sub domain blognya. Namun, saat ini saya belum sempat membuatnya.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin menyampaikan bahwa sebenarnya masih banyak fitur-fitur blog yang masih harus dan bisa dieksplor supaya pemanfaatannya bisa maksimal. Selain bisa dijadikan sebagai media pembelajaran on-line, blog juga bisa menghasilkan uang, misalnya dengan cara memonetisasi blog kita. Monetisasi adalah cara mengelola blog yang semula hanya sebagai ajang menulis dan berekspresi menjadi media untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan tambahan dari blog yang kita kelola. Salah satu cara memonetisasi blog adalah dengan menggunakan Google Adsense.

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik (wikipedia).

Untuk mengakhiri tulisan singkat ini, marilah kita menjadi guru Indonesia yang memiliki dan menguasai 21st Century Skills (Kemampuan Abad 21). Di abad 21 ini, kemampuan-kemampuan seperti digital literacy dan information literacy skills harus kita kuasai. Hal ini dikarenakan yang kita hadapi sekarang adalah murid-murid Digital Natives, yang sejak kelahirannya barangkali sudah terpapar dengan teknologi-teknologi digital. Sementara kita termasuk Immigrant Natives yang barangkali kita lahir sebelum teknologi digital itu lahir. Marilah kita terus menggali dan mengasah potensi yang kita miliki supaya bisa mengimbangi para Digital Natives ini. Banyak media-media on-line yang bisa kita manfaatkan dalam melengkapi dan menjalankan tugas dan fungsi pokok kita sebagai guru. Salah satunya dengan menggunakan dan memanfaatkan Blog dalam dan/atau untuk pembelajaran.

Jayalah Guru Indonesia!!!
Jayalah IGI!!!
Salam SAGUSABLOG!!!

Penulis:
CECEP GAOS, S.Pd
SD Puri Artha Karawang
IGI-ERS Kab. Karawang Jawa Barat

 

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here