Cara Ampuh Mengajari Akhlak Anak

0
672

Sismanto HS

Mendidik anak pada prinsipnya adalah menjadi manusia yang berakhlak mulia, membelajarkan kepada anak tentang baik dan buruknya suatu hal. Cara apakah yang paling ampuh dalam memberikan pelajaran akhlak kepada anak?
Akhlak bukan merupakan suatu disiplin ilmu akan tetapi akhlak sangatlah menentukan dalam perkembangan anak selanjutnya. Pendidikan akhlak ini relevan dengan ungkapan “pendidikan yang terbaik adalah melalui keteladanan”. sehingga tidak sepatutnya orang-tua berbicara baik dan buruk kecuali setelah melakukannya sendiri secara langsung. yaitu dengan memberikan contoh yang baik pada mereka sebagai jalan yang terbaik untuk mencetak nilai nilai akhlak diatas rata rata.

Pentingnya pendidikan akhlak bagi anak sudah barang tentu harus dipersiapkan oleh orang tua sejak dini. Jika melakukan kejahatan antara sengaja dan tidak maka yang di menangkan adalah yang tidak sengaja. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa berfikir adalah induk dari segala perbuatan, untuk itu di perlukan hal hal yang mempunyai nilai baik.

Sebagai orang tua secara fitrah tentu ingin putra-putrinya menjadi yang shaleh dan shalehah. Shaleh dan shalehah tidak secara sederhana diartikan hanya masalah ukhrawi saja, namun dimaknai yang lebih luas yaitu shaleh dalam mencari kehidupan di akhirat dan kehidupan di dunia. Untuk itu, diperlukan suatu usaha yang keras dari orang tua dalam mendidik dan membimbing anaknya ke arah tujuan yang diinginkan.

Walau sesibuk apapun seorang ayah harus tetap mendidik anaknya, misalnya dengan berbagi tugas dengan istrinya. Yang perlu diingat oleh orang tua adalah mendidik anak ini tidak boleh dengan kekerasan, melainkan dengan cinta dan kasih sayang. Meskipun telah mendidik dengan sesempurna mungkin, semuanya tentu akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan do’a kepada Allah merupakan bagian penting do’a orang tua untuk anak adalah agar tidak terjadi fitnah bagi orang tuanya kelak, dan juga untuk rezeki yang halal dan kesuksesan bagi anaknya.

Gabung dan dapatkan inspirasi kehidupan

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakKREATIFITAS GURU DI ERA DIGITAL
Artikulli tjetërSENANGNYA BERSAMA IGI
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here