APLIKASI METODE MENEMU BALING IGI

Sesi Menemu Baling, Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga, Bandar Lampung1 Desember 2016.

3
7568
Tampilan sederhana Aplikasi Menemu Baling

Saat ini pemerintah lewat Kemendikbud sedang gencar-gencarnya menggalakkan gerakan literasi sekolah atau GLS. Literasi sendiri berarti melek, mengerti, pandai, atau paham terhadap sesuatu, yang bermuara pada kemampuan baca, tulis, dan hitung. Berbagai cara dilakukan untuk mensupport gerakan ini agar sukses mengentaskan siswa Indonesia dari “lembah keterpurukan literasi”. Sebagaimana diketahui, hasil penelitian lembaga internasional tentang tingkat literasi siswa Indonesia dari tahun ke tahun selalu menempatkan mereka pada posisi yang sama atau sedikit lebih tinggi dari level literasi para siswa dari negara-negara miskin dan terbelakang di Afrika. Oleh karenanya Ikatan Guru Indonesia (IG) sebagai salah satu organisasi profesi guru yang konsen pada peningkatan level literasi siswa indonesia tentu tidak tinggal diam. Apapun kurikulumnya, mutu guru adalah penentu mutu pendididikan. Tinggi rendah level literasi siswa sudah barang tentu tidak bisa lepas dari tingkat literasi gurunya. Untuk itu IGI membuat berbagai gerakan secara masif agar tingkat literasi guru meningkat pesat. IGI mentargetkan satu juta guru terlatih literasi produktif berbadis IT dalam lima tahun ke depan.

Logo Menemu Baling
Logo Menemu Baling

Adalah Metode Menemu Baling IGI (Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga IGI), sebuah metode yang sangat powerful untuk digunakan dalam mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) oleh Kemdikbud dan Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). Metode ini awalnya digagas khusus untuk mendukung program Sagusatab IGI (Satu Guru Satu Tablet IGI) yang disupport di www.toko.igi.or.id , namun agar semua orang bisa terimbas semangat untuk meningkatkan level literasinya maka metode ini kemudian dishare untuk umum. Sebab selain untuk siswa dan guru metode ini juga sangat berguna bagi siapa saja. Semua profesi, seperti wartawan, dosen, penulis, pengacara, notaris, da’i, penceramah agama, direktur, manager, salesman, tourist guide, motivator, dll. pendeknya dari presiden sampai ibu rumah tangga sangat membutuhkan aplikasi ini. Sebab kita bisa menulis dalam sekejap dan membaca bahkan sambil memejamkan mata. Jari-jemari tidak lagi “keriting” dan mata tidak cepat menjadi rabun.

Cover buku saku Menemu Baling
Cover buku saku Menemu Baling

Metode ini ditemukan oleh Mampuono, Sekjen IGI periode 2016-2021 dan mulai disebarluaskan sejak bulan september 2016 pada saat diselenggarakan training of trainers (TOT) Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT oleh IGI di LPMP Surabaya. Bentuknya semula adalah tutorial manual, namun karena banyaknya permintaan dari seluruh tanah air, metode akhirnya dibuat dalam bentuk yang lebih praktis. Saat ini metode Menemu Baling sudah dapat diakses dalam bentuk aplikasi Android (apk) yang bisa didownload di website resmi Ikatan Guru Indonesia berikut ini, www.igi.or.id/download . Aplikasi ini dishare free sesuai dengan semangat IGI yang memiliki moto Sharing and Growing Together. Semoga metode ini bisa meningkatkan level literasi dan indeks membaca bangsa Indonesia dan pada gilirannya akan menjadikan bangsa ini semakin literate dan maju sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Bandar Lampung, 1 Desember 2016

Salam Pergerakan Pendidikan

Sekjen IGI
Mampuono

Comments

comments

3 KOMENTAR

  1. Pak Mampuono, saya ingin mendapatkan buku 9 RAHASIA GURU MENULIS BUKU DALAM 5 HARI DENGAN METODE MENEMU BALING & METODE MENEMU BALING CARA GURU MEREVOLUSI BUDAYA TUTUR DAN SIMAK MENJADI BUDAYA TULIS DAN BACA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here