IGI Dukung dan Apresiasi Kang Widi Masuk Nominator PNS Inspiratif 2019

0
71

Ikatan Guru Indonesia mendukung dan mengapresiasi saudara Widi Astiyono atau biasa dipanggil Kang Widi yang masuk sebagai 40 terbaik nominator PNS Inspiratif 2019. Inovasi dan karya karyanya memberikan inspirasi bagi guru di seluruh Indonesia.

Tahun 2018 lalu, beliau juga masuk dalam 52 terbaik PNS Inspiratif 2019 dan belum lolos ke 15 besar. Semoga tahun ini bisa masuk ke tahap berikutnya.

Kang Widi saat ini sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia juga merupakan Founder Kanal Pelatihan SAGUSAVI, yaitu Gerakan Satu Guru Satu Video Pembelajaran. Pelatihan yang diberikan gratis secara online melalui Portal SIM Guru Pembelajar IGI terbukti mampu memotivasi guru-guru diseluruh pelosok tanah air untuk berkarya, terutama membuat video pembelajaran. Banyak guru yang sebelumnya tidak melek IT dan tidak paham tentang editing audio dan video, dengan kesabaran dan keuletan Kang Widi, akhirnya mereka mampu dan berhasil membuat karya video pembelajaran.

Karena keseriusan dan konsistensi serta komitmen dalam melatih guru Indonesia dengan semangat Sharing and Growing Together, Ikatan Guru Indonesia memberi penghargaan Anugerah Guru Indionesia (AGI) Tahun 2019 ini ) atas kiprahnya dalam mencetak Guru-guru Unggul Era Revolusi Industri 4.0 untuk Generasi Indonesia Emas kepada Kang Widi bersama Kanal Sagusavi sebagai 3 TOP Kanal yang paling aktif melatih guru Indonesia. Bersamaan dengan penerimaan Anugerah Guru Indonesia, Kang Widi juga masuk dalam 1000 Penulis Exsis Duta Literasi 2019 pada gelaran Perpustakaan Expo IGI 2019 di Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan sudah diterbitkannya tiga (tiga) buku karya Kang Widi dan ber-ISBN antaralain; 1) Pengembangan Potensi Diri Menurut Agama Buddha: Tahun 2018; 2) Wujudkan Bermain sambil Belajar dan berkarya (Bunga Ramapai Sagusavi bagian 1): Tahun 2019; dan 3) Cara Sederhana Editing Audio dan Video (Bunga Ramapai Sagusavi bagian 2): Tahun 2019.

Selain inovasinya mendirikan Kanal Pelatihan Sagusavi, Kang Widi juga mendirikan Studio Rekaman sendiri di salah satu sudut ruangan rumahnya yang berada di kampong dan jauh dari hingar binger perkotaan sebagai bentuk Studio Rekaman komitmen dan konsistensi dalam pengembangan multimedia dan broadcasting untuk peningkatan kualitas pembelajaran, juga pengembangan potensi dalam bidang olah vocal bagi para siswa-siswi yang berbakat dalam bidang olah vocal. Bahkan, Sekjen IGI bapak Mampuono, M.Kom. pernah berkunjung ke studio rekaman Kang Widi dan melakukan rekaman. Tentu yang menjadi luar biasa adalah, inovasi-inovasi yang dikembangkan Kang Widi merupakan inovasi yang berkaitan dengan multimedia atau teknologi informasi, sedangkan latar belakang pendidikan Kang Widi adalah sebagai guru pendidikan agama. Ini membuktikan semangat belajar yang luar biasa hingga mampu berintegrasi dan berinovasi dengan teknologi informasi/multimedia.

Kang Widi juga memberikan pelatihan bidang multimedia bagi para siswa-siswinya untuk jenjang SMP dan SMA/SMK melalui kegiatan ekstrakurikuler broadcasting. Melalui kegiatan ekstrakurikuler broadcasting ini Kang Widi melatih anak-anak dalam hal pembuatan video klip, film pendek, film documenter, reportase, dan tentu saja editing audio dan video. Bahkan belum lama ini, tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2019 lalu, bertempat di Pusat Perfileman H. Umar Ismail Jakarta, siswa-siswi yang dibimbingnya dalam extra broadcasting mampu meraih Juara Harapan 2 Lomba Film Pendek Tingkat Nasional Kategori Pelajar dengan tema Moderasi Beragama Beda Itu Asik. Selain itu Kang Widi bersama rekan satu timnya juga meraih Juara Harapan 1 di ajang yang sama untuk kategori umum.

Semoga inovasi-inovasi yang telah dilakukan Kang Widi terus menjadi inspirasi dan motivasi seluruh rekan guru di pelosok tanah air untuk selalu berkarya demi memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia dan memunculkan guru-guru unggul lainnya di Era Revolusi Industri 4.0.
Selamat dan sukses untuk Kang Widi. Teruslah berinovasi dan berkarya.

#PNSInspiratif2019
#AnugerahASN2019
#KemenpanRB
#kangwidi
#sagusavi

Comments

comments