1000% BUPATI PANDEGLANG MENGAKUI KEBERADAAN IGI PANDEGLANG

1
864

Oleh :

Dede Wahdiati

Guru SMKN 9 Pandeglang.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pandeglang terbentuk dan dilantik pada tanggal 23 Oktober 2012 di Universitas Banten Jaya (UNBAJA) Serang Banten langsung oleh Ketua Umum IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim. Perjalanan IGI Pandeglang pada pertengahan Januari 2017 ini berjalan kurang lebih 3 (tiga) bulan. Berbagai kegiatan gerakan literasi sekollah (GLS), Workshop atau pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sudah dilaksanakan. Kegiatan peningkatan kompetensi dilaksanakan dengan materi yang berbeda, misalnya materi media pembelajaran komik berbasis IT, media pembelajaran interaktif, animasi drawing, satu guru satu tablet, satu guru satu blog, dan lainnya. Hal ini menunjukkan walaupun IGI Pandeglang masih seumur jagung eksistensi IGI Pandeglang sudah diakui oleh guru-guru pandeglang dan luar pandeglang misalnya Lebak, Serang, Tangerang Raya dan Jakarta.

Pada awal tahun, tanggal 19 Januari 2017 permohonan IGI Pandeglang untuk audiensi dengan Bupati Pandeglang dipenuhi, IGI Pandeglang di terima oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati tepat pukul 16.00, dan merupakan suatu kehormatan bagi IGI Pandeglang yang langsung di dampingi oleh 2 (dua) orang Asda, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Drs. Salman Sunardi, M.Si. kami diterima hingga pukul 17.10.

Hasil audiensi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati menyampaikan bahwa 1000% mengakui keberadaan IGI Pandeglang. Pendidikan sangat dibutuhkan masyarakat pandeglang, dan pendidikan secara kualitas maupun kuantitas sangat berperan dalam proses pembangunan Pandeglang. Pendidikan dan pelatihan sangat dibutuhkan untuk seluruh guru guna meningkatkan kualitas mengajarnya. Banyak sekali hal terkait dengan pendidikan yang belum tercapai disekolah misalnya kelas  inspirasi, dimana pemerintah pandeglang dalam hal ini sangat mengharapkan terbentuknya kelas inspirasi di sekolah-sekolah.

Kelas inspirasi merupakan solusi bagi para profesional indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar dilingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara profesional dengan sekolah tempat dia berpartisipasi. Partisipsi para profesional tersebut berbagi pengalamannya bersama peserta didik misal dengan pilot, kiayi atau ustadz, dan inspiratotr lainnya. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi, kedepannya kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.

Pertama dalam dunia pendidikan banyak media sosial misalnya facebook, twiter, youtube, whatsapp, telegram dan lainnya yang dijadikan media untuk membagi ilmu dengan daerah kota/kabupaten lainnya dan kita bisa mempelajari dari media sosial tersebut. Kedua tentang pungli sekolah tidak perluh khawatir jika pungutan dari orang tua siswa didasarkan pada hasil musyawarah mufakat dan ada hitam diatas putih, sehingga tidak ada permasalahan  dikemudian hari.

IGI Pandeglang diharapkan memiliki akun media sosial sehingga kegiatan IGI Pandeglang dapat diakses oleh seluruh stakeholder pendidikan, dengan adanya berbagai media sosial yang dimiliki, media sosial akan menjadi jembatan kalau guru-guru mempunyai karya. Dilihat selama ini banyak peserta didik yang dirazia oleh pemerintah daerah. Untuk itu diharapkan sekolah melalui guru-guru dikelas diharapkan menerapkan pembelajaran pengetahuan atau pendidikan seks sejak dini, pengetahuan bagaimana terjadinya hubungan dengan konsekuensi hamil diluar nikah itu perlu disampaikan kepada peserta didik dan Mata pelajaran muatan lokal juga perlu diperhatikan

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Ketua IGI Pandeglang Neli Fori Karliana guru SMAN 2 Pandeglang kepada Bupati Pandeglang bahwa IGI Pandeglang sudah melaksanakan kegiatan meningkatkan kompetensi guru, kegiatan-kegiatan IGI selalu dilaksanakan di hari libur dan tidak mengganggu jam pembelajaran di kelas. Sejak dibentuk dan dilantiknya kepengurusan IGI Pandeglang dari tanggal 23 Oktober 2016 sudah 3 (tiga) kali melaksanakan kegiatan. Kegiatan pertama dilaksanakan 1 (satu) hari setelah dilantik tanggal 24 Oktober 2016 di SMKS Baitul Hamdi tentang kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, kegiatan kedua Workshop Media Pembelajaran Komik Berbasis IT  di SMKN 1 Pandeglang tanggal 27 November 2016 dan kegiatan tersebut merupakan kegiatan IGI se Indonesia di 1000 titik daerah dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan melakukan video conference dengan acara peringatan HGN di SCC Sentul, dan yang ketiga Kegiatan Workshop Menerapkan Pembelajaran Ineraktif dan Animasi Drawing di SMKN 2 Pandeglang pada tanggal 15 Februari 2017.

Ketua IGI Wilayah Banten Tb. Saiful Bahri guru SMPN 1 Pabuaran Serang menyampaikan bahwa akhir tahun 2016 IGI Wilayah Banten mempunyai target pembentukan IGI Daerah Kota dan Kabupaten di seluruh Banten, walaupun pada akhirnya diakhir 2016 masih tersisa 2 (dua) daerah yang belum terbentuk yaitu Kabupaten Lebak dan Kota Serang. Ketua IGI Wilayah Banten mengapresiasi IGI Pandeglang yang luar biasa jauh melompat tinggi dalam melaksanakan kegiatan, dimana dari 3 (tiga) kegiatan yang dilaksanakan IGI Pandeglang dapat menghadirkan 2 (dua) kali kepala dinas pendidikan pandeglang dan ketua umum IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim.

IGI bukanlah organisasi abal abal tetapi IGI adalah organisasi yang sudah terdaftar dan disahkan oleh kemenhukam artinya IGI secara legal formal diakui sebagai organisasi profesi yang sah. Sedangkan organisasi profesi lainnya masih bias karena belum ada penetapan dari kementerian. IGI organisasi yang dillahirkan bukan untuk menyaingi tetapi untuk berjalan bersama dalam mencapai tujuan. Kami IGI ketika menerima apa yg sudah diberikan oleh negara kepada kami maka kami mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kompetensi dan kita harus tau bagaimana kita bisa meningkatkan kompetensi. Selama ini guru sudah sangat baik menjalankan proses pembelajaran dikelas namun mungkin metodenya yang kurang atau belum tepat. IGI sasarannya adalah guru, ketika guru dididiik 1 (satu) orang maka akan terdidik 30 orang minimal dibelakang guru tersebut, dan jika 5 (lima) orang guru maka akan terdidik 150 orang siswa. Mudah-mudahan pendidikan khususnya pendidikan di Pandeglang dapat terbantu dengan adanya IGI Pandeglang, dan IGI Wilayah meminta arahan dari Ibu Bupati Pandeglang, tanpa dukungan dan dorongan dari Bupati Pandeglang maka kami tidak bisa menjalankan kegiatan IGI lebih maksimal lagi, dengan kami hadir disini IGI Wilayah Banten bangga dengan IGI Pandeglang karena sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Pandeglang. Dan IGI mempunyai motto Sharing and growing together. Mungkin saat ini IGI hanya bisa berbuat sedikit dan sangat mungkin dengan adanya dukungan Bupati Pandeglang IGI Pandeglang akan menjadi lebih besar lagi dalam melaksanakan kegiatan.

Bupati Pandeglang mengatakan bahwa kita harus lakukan, jangan berhenti berkarya hanya karena mis komunikasi. 1000% kami pemerintah pandeglang berikan dukungan buat IGI Pandeglang, semakin banyak organisasi yang jelas dan yang diakui oleh pemerintah dan negara, semakin banyak yang memikirkan pendidikan.  Support buat kegiatan IGI Pandeglang yang sudah 3 (tiga) kali melaksanakan kegiatan. Mudah-mudahan setelah mengikuti kegiatan guru-guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang semakin bagus. Guru harus belajar secara tekun, karena guru menginspirasi bagi anak didiknya. Banyak peserta didik yang terinspirasii karena guru yang luar biasa. Guru merupakan teladan buat kita sehingga guru di tuntut untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Harapan Bupati Pandeglang terhadap IGI Pandeglang segera bergerak lebih baik lagi, dan terakhir Bupati Pandeglang menyampaikan rasa haru dan bangga dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada guru-guru yang setiap hari sering disalahkan (dalam bahasa sunda dipaido) dan tidak pernah terbalaskan kebaikan guru.

IGI Pandeglang pun menyambut baik semua pengakuan, harapan, dan dukungan dari Bupati Pandeglang, karena IGI akan terus berkomitmen dalam membantu pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam meningkatkan kompetensi guru. Karena guru adalah tenaga pendidik yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam mentransfer ilmu pengetahuan, keterampillan dan sikap yang baik, sehingga guru IGI mampu berdiri tegak, berada dalam barisan terdepan dalam mencerdaskan generasi bangsa (peserta didik). Hebatnya guru IGI setiiap dalam meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan workshop atau pelatihan tidak boleh meninggalkan kelas. Dan kegiatan IGI Pandeglang dan IGI Indonesia dalam melaksanakan program peningkatan kompetensi guru selalu dalam waktu libur (Sabtu dan Minggu).

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here