TRAINING OF TRAINER LITERASI PRODUKTIF NASIONAL

10
4117

TRAINING OF TRAINER (TOT) LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT
(Perubahan Jadwal dan Ketentuan KLIK DISINI)

Setelah melewati proses panjang mulai dari pengiriman karya tulis, penilaian karya, uji publik, saringan PP hingga konsultasi ke wilayah. Akhirnya ditetapkan peserta TOT LITERASI PRODUKTIF NASIONAL untuk dua angkatan pertama dan akan dilanjutkan dengan dua angkatan kedua.

Seluruh peserta TOT yang nantinya dinyatakan lulus akan diberikan SERTIFIKAT KEPELATIHAN NASIONAL SAMSUNG DAN SERTIFIKAT KEPELATIHAN NASIONAL LITERASI PRODUKTIF IKATAN GURU INDONESIA.

Mereka yang dinyatakan lulus akan diturunkan melatih literasi di seluruh Indonesia yang nantinya ditargetkan 50 diklat literasi setiap minggu pada 50 kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencapai target GERAKAN SATU JUTA GURU TERLATIH LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT sehingga diharapkan di masa depan guru-guru Indonesia tidak perlu lagi meminta bantuan para “pembuat karya tulis”, memalsukan karya tulis atau plagiat sehingga guru-guru Indonesia bukan hanya terhormat dihadapan siswa dan orang tua tapi juga di hadapan diri sendiri.

Dalam TOT nanti, Seluruh peserta akan disediakan tiket pesawat, akomodasi dan konsumsi. Mereka yang dinyatakan sebagai calon peserta untuk angkatan pertama yang akan diselenggarakan 27-28 Agustus 2016 di TCC Batavia Tower Lantai 22 Jakarta yaitu :

Angkatan I
1. NURDIN, Aceh
2. ELIZABETH TJAHJADARMAWAN, Jambi
3. WIDADI, DKI Jakarta
4. KASMAN S. KAMSURYA, Maluku
5. DJOKO B. SOERATMAN, Sulawesi Utara
6. BASRI LAHAMUDIN, Sulawesi Selatan
7. ABD. AZIZ ROFIQ, Banten
8. FRANSISKA DWI MULYANI W., Kalbar
9. WA ODE IDA FARIDA, Sulawesi Tenggara
10. RITA SUKAESIH, Kalimantan Tengah
11. MIRAWATI, Sulawesi Barat
12. DELTA NIA, Riau
13. TEDDY HANDIKA, Sumatera Selatan
14. ANDRI DEFRIOKA, Sumatera Barat
15. PANDAPOTAN HARAHAP, Sumatera Utara
16. JOKO WAHYONO, Kalimantan Timur
Fasilitator/Peserta Utama
1. SLAMET RIYANTO (DI Yogyakarta)
2. ABDUL KHOLIQ (Jawa Timur)
3. ABDUL KARIM (Jawa Tengah)
4. DAHLI AHMAD (Jawa Barat)
5. ABDUL HALIM (Kalimantan Selatan)
6. MAMPUONO (Jawa Tengah/PJ)
7. RUSNANIE (Kalteng/PJ)

Lalu untuk angkatan kedua kemungkinan akan dilaksanakan di STIKOM Bali tanggal 22-23 Oktober 2016 yaitu :

Angkatan II
1. HERWIN HAMID, Sulawesi Tenggara
2. ARHAMNI RUSNI, Aceh
3. TRI GOESEMA PUTRA, Riau
4. MULYADI HARAHAP , Sumut
5. MEDIA HARJA, Sumatera Selatan
6. KURNIATI , Bangka Belitung
7. RAHMAT HIDAYAT, Jawa Barat
8. WULAN WIDANINGSIH, Jawa Barat
9. FIQRON ALCHOIR, Banten
10. M.A.UTAMI EKO P.I, Jawa Tengah
11. LILIK MASRUKHAH, Jawa Timur
12. MOHAMMAD HAIRUL, Jawa Timur
13. JAWARIAH, NTB
14. SISMANTO, Kalimantan Timur
15. JANSJE SYULTY TIMPOROK, Sulut
16. ABDUL HADI, Kalimantan Selatan
17. PANJI IRFAN, Kalimantan Tengah
18. ARFIANI BABAY, Sulawesi Selatan
19. DEWI WAHYUNI, Sulawesi Selatan
20. PERI OKTIARMI, Jambi
21. KHAIRUDDIN, Aceh
22. DERRY NODYANTO, Bangka Belitung
23. LEWA KARMA, Bali
24. SUPARTO A. AMALI, Gorontalo
25. BAMBANG SETIAWAN, NTB
26. RINRIN NURFAIDAH
27. ELYAS
28. HARSOYO
29. Hj. NOOBAYTIE
30. ANDI MUHAMMAD YASIN
31. IMAM WAHYUDI
32. SULTAN
33. ERMAWANTI
34. AKHITUA WASAHUA
35. TAJUR ZULFIKAR
36. DEWI SRI INDRIATY KUSUMA
40. AMIN MUNGAMAR
41. EKOWANTO
42. NURSYAMSI
43. SETIAWAN AGUNG WIBOWO
44. LITA SRISULISTIYANITIAS
45. YUSMIWATI
46. DJONI SETIAWAN
47. WAHYU SRI LESTARI
48. MUHAMMAD NOOR
49. MARETE
50. SUTRIYONO
51. BADRUN FUADY
52. DANANG HIDAYATULLAH

Fasilitator
1. MAMPUONO
2. SLAMET RIYANTO
3. ABDUL HALIM
4 ENDAR S PARMASASMITA
5. GUSTI SURIAN (PJ)

Seluruh peserta diwajibkan membawa TOR Diklat Literasi Produktif untuk 50-100 peserta,durasi 8 jam tatap muka dan 21 jam daring dalam pemahamannya masing-masing.

TOT Literasi Produktif ini , IGI berharap Mas Mampu, Mas Slamet dan Mas Karim, Mas Kholiq, Mas Elyas dan kawan-kawan lainnya jadi Pionernya, targetnya :

  1. Menjadikan para calon Trainer memiliki 3 kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan melatih menulis, melatih IT, dan melatih maksimalisasi tablet sagusatab sehingga seluruh diklat IT nantinya berbasis Tablet dan datang pelatihan tak perlu lagi bawa Laptop apalagi PC tapi semua bisa tuntas dengan tablet agar guru mengajar di kelas tak perlu ribet.
  2. Menemukan formulasi terbaik diklat literasi produktif berbasis IT dengan format 8 jam tatap muka dan 24 jam on line untuk itu, semua calon peserta harus menyiapkan bahan masing-masing untuk dipelajari fasilitator lalu dibahas yang paling memungkinkan.
  3. Menemukan Brand Individu masing-masing calon trainer sehingga kedepan kita bisa menemukan “Abdul Kholiq Master Sagusanov IGI “, ” Abdul Karim Master Komik dan Game Pembelajaran IGI”, Slamet Riyanto Maestro Guru Penulis Buku Indonesia”, “Mampuono Master Power Point Pembelajaran IGI”, Dst dan masing-masing nanti punya brand sendiri sehingga pengurus daerah bisa memilah dan memilih ingin dilatih oleh siapa dan siapa lagi.

Info Khusus

  1. Setiap peserta wajib membuat pernyataan siap melatih minimal 2 kali dalam sebulan (format sudah disiapkan). Dikirim paling lambat tanggal 20 Agustus 2016 ke email: literasiguru@gmail.com atau WA/Telegram an. Abdul Halim +6282159088608
  2. Setiap Trainer nantinya wajib mengirimkan tulisan beserta foto kegiatan dari diklat literasinya yang akan diposting di website IGI.
  3. Khusus TOT di Bali, semua peserta wajib membawa Tablet Samsung A8 (boleh pinjam sama teman jika belum punya)
  4. Angkatan ke-3 dan ke-4 akan diumumkan kemudian setelah pelaksanaan diklat angkatan ke-2

DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN PESERTA TOT

Ditetapkan di Jakarta,

10 Agustus 2016

Muhammad Ramli Rahim,
Ketua Umum Pengurus Pusat IGI

Comments

comments

10 KOMENTAR

  1. Bangga rasanya inilah….wadah guru yg sy hrpkan….produktif…inovatif….dan kreatif….tdk melulu mikirin misi politik kekuasaan pribadi atau golongan….tp murni meningkatkan mutu guru, trs maju IGI

  2. Selamat dan sukses untuk pejuang handal IGI ditingat pusat, Wilayah dan daerah yang berjuang membantu pemerintah dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan mengedepankan nilai karakter bangsa….sukses kepada bpk Slamet Riyanto penulis tersohor dari DIY, mas Elyas pejuang pelatihan dalam pengembangan profesi guru, Pak Harsoyo bapak motivator kita, bapak Abdul Kholik suhu kita Sagusanov……merdeka merdekaa merdekaa…

  3. IGI wajib memikirkan kemajuan dan kompetensi guru apalagi berbasis IT, agar guru Indonesia tdk ketinggalan, dan anak didik cepat pintar dan paham perkembangan dunia pendidikan.

  4. Selamat kepada para calon TOT Literasi, Semoga dimudahkan jidad untuk berbagi ilmu buat kami semua. Terima kasih IGI.

  5. Bersyukur untuk kesempatan ini. Semakin besar peluang untuk berbagi kepada rekan sejawat Nusantara. Semoga dapat menambah bekal untuk menggugah dan mengubah wajah pendidikan di tanah air tercinta menuju keadaan yang lebih baik

  6. gak nyangka ada web yang mempersatukan para guru bahkan mengadakan pelatihan juga.. semoga pendidikan Indonesia semakin maju dengan adanya dukungan dan kerja keras para pahlawannya ini.. amin..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here