Agar Bisa Menulis dan Membaca Sambil Merem, Begini Cara Setting Menemu Baling Offline

(Sesi Menemu Baling, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga sambil mengantri kemacetan di pintu tol Manyaran. 27 Desember 2016 pukul 14.15 WIB)

0
1582
Bersama sebagian dari peserta Training of Coach utusan dari berbagai daerah di jawa Tengah

Semarang-IGI. Pagi ini sampai besok sore, Selasa-Rabu, 27-28 Desember 2016, IGI (Ikatan Guru Indonesia) Pusat bekerja sama dengan IGI Wilayah Jawa Tengah dan IGI kota Semarang dengan disupport oleh Samsung  menyelenggarakan TOC (Training of Coaches) angkatan ke-12. Salah satu sesi yang ditunggu peserta adalah pelatihan Metode Menemu Baling yang mengimplementasikan cara menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Pada sesi yang berlangsung hampir dua jam ini terungkap banyak hal. Di antaranya adalah bagaimana cara mengatasi kegagalan Metode Menemu Baling ketika tidak ada jaringan internet.

Ada yang beranggapan bahwa selama ini kegiatan Menemu Baling hanya bisa dilakukan ketika kita sedang online. Ketidak hadiran jaringan internet adalah ke mustahilan bagi aktivitas tersebut. Anggapan ini tidaklah sepenuhnya salah ketika para pengguna metode tersebut belum melakukan setting terhadap fitur yang ada di dalam tablet Sagusatab ataupun ponsel pintar berbasis Android mereka. Tetapi ketika setting untuk keperluan Menemu Baling secara offline diaktifkan, maka kita bisa menulis dan membaca bahkan sambil merem. Semua karena kita tidak tergantung lagi dengan jaringan internet dan terlebih lagi yang digunakan adalah mulut untuk menulis dan telinga untuk membaca. Menulis dan membaca akan sangat mudah sekali, semudah menghela nafas.

Tulisan ini akan menerangkan langkah demi langkah sehingga kegiatan Menemu Baling bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun secara offline. Terlebih karena setiap peserta memiliki kewajiban untuk menulis berita terkait TOC dan harus dikumpulkan sebagai salah satu tagihan untuk bisa mendapatkan sertifikat resmi Coach IGI. Tulisan ini juga diharapkan dapat membantu kelancaran mereka dalam menulis berita sepanjang minimal 500 kata baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dengan rumus 5W+1H tersebut.

Siapkan tablet Sagusatab ataupun ponsel pintar berbasis Android Anda. Mari kita lakukan setting bersama-sama. Yang terlebih dahulu akan kita lakukan adalah cara mengefektifkan aktivitas menulis dengan mulut atau Menemu secara offline. Ikuti langkah-langkah berikut ini secara seksama.
1. Buka menu Setting (bentuk roda bergerigi) pada tablet Sagusatab atau smartphone Android anda.
2. Klik menu Bahasa dan masukan.
3. Klik menu Pengetikan Google Voice

Klik menu pengetikan Google Voice

4. Klik menu Pengenalan ucapan offline
5. Klik menu Semua
6. Unduh paket bahasa Indonesia offline atau paket bahasa lain yang dibutuhkan sampai selesai. Jika Anda tidak menemukan paket bahasa Indonesia berarti mesin pencari Google Anda perlu di-upgrade ke versi terakhir.
7. Tutup menu setting dan cobalah untuk melakukan aktivitas menulis dengan mulut atau Menemu dengan mematikan koneksi internet.
8. Selamat mencoba.

Berikutnya adalah tentang cara mengefektifkan kegiatan membaca dengan telinga atau Baling tanpa koneksi internet. Ikuti langkah nya secara lengkap satu persatu di bawah ini.
1. Buka menu Setting (bentuk roda bergerigi) pada tablet Sagusatab atau smartphone Android anda.
2. Klik menu Bahasa dan masukan.
3. Klik menu Teks-hingga-bicara.

Klik menu teks hingga bicara

4. Klik roda bergerigi berwarna biru disebelah kanan menu Mesin GoogIe-text-to-speech.
5. Klik menu Instal data suara.
6. Unduh data suara bahasa Indonesia offline.
7. Buka mesin pembaca Voice Aloud Reader dan masukkan teks dengan cara copy-paste untuk mencoba membaca dengan telinga atau Baling secara offline.
8. Selamat mencoba,

Salam Pergerakan Pendidikan!
Sekjen IGI

Mampuono
#menulislah_lima_menit#

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here