WORKSHOP YANG BIKIN KETAGIHAN BERSAMA IGI

0
807
FIRNA YULISTIANA
Peserta TOC IGI Banten
Senin dan Selasa 26 – 27 Desember 2016 lalu, IGI Wilayah Banten bekerja sama dengan PT Samsung Elektronik mengadakan kegiatan TOC di GSG DPRD Provinsi Banten. Kegiatan ToC ini bertema “Mendidik  Guru Membangun Bangsa” dan dengan Ikon IGI Sharing and Growing Together. Kegiatan ToC ini diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari daerah Kota Cilegon, kota dan kab Serang, kota Tangerang, Tangsel, Kab Pandeglang bahkan ada 1 peserta yang berasal dr Sulawesi. Kegiatan dimulai pada hari Senin, 26 Desember 2016 jam 09.00 di GSG DPRD Provinsi Banten. Kegiatan dibuka oleh Asda II Provinsi Banten, Ir. Eneng Nurcahyati. Ibu Asda II ini sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan memberikan motivasi kepada peserta dari pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan.
Materi ToC meliputi Optimalisasi Tab A8, Sagusablog, Animasi Drawing, Barcode Generator, Menemu baling, Optimalisasi Power point dan Google Drive. Narasumber kegiatan ini berasal dari Anggota IGI sendiri yg sudah lebih dahulu mengikuti TOC. Benar-benar narasumber2 yang Luar biasa. Mereka sangat membuat para peserta TOC tidak mau bergerak dari tempat duduk. ToC ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan  membentuk trainer yang handal. Bukan hanya itu saja melainkan membuat dari yang buta IT menjadi melek IT seperti saya. Sebelum sya bergabung dengan IGI dan mengikuti kegiatan ToC ini, saya tidak kenal apa itu IGI? Apa itu Tablet A8? apa keunggulannya. Setelah saya ikut kegiatan TOC ini,  Saya menyesal kenapa baru sekarang bergabung dengan IGI. IGI merupakan organisasi yang di dalamnya adalah orang orang yg berprofesi sebagai guru, baik dari jenjang PAUD hingga SMA SMK yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru seluruh Indonesia secara adil dan merata.
Kembali pada kegiatan TOC. TOC hanya 2 hari sangat kurang bagi saya.
Banyak sekali yang didapat dari ToC ini. Di hari pertama, tiap Peserta punya blog pribadi, dapat mengoptimalkan tab A 8 dan membuat media pembelajaran berupa Animasi Drawing, sedangkan hari kedua, peserta dapat oleh-oleh lagi yaitu dapat membuat komik untuk bahan ajar, power point yang super endors, hingga formulir online dan pemanfaatan google drive.
Baru kali ini pula, panitia TOC yg selalu mengingatkan kepada pesertanya untuk coffe break dan makan. Acara dimulai dari Pagi hingga malam jam 22.00 di hari pertama dan pagi jam 08.00 hingga jam 18.00 di hari kedua. Padahal jika mengikuti jadwal, kegiatan seharusnya selesai jam 16.30. Waktu terpanjang itu berasa pendek sekali karena begitu antusiasnya para peserta. Baru kali ini pula ToC yang benar sangan berkesan. Bukan dengan teknik ceramah para narasumber menyampaikan materi tetapi semua langsung Aplikasi. Di sini pula semua peserta aktif tidak ada yang tertidur bahkan sampai lupa dengan makan.
ToC ini bak Musafir yang sedang melakukan perjalanan jauh di padang pasir yang tandus kemudian bertemu dengan air yg sangat bening. Benar-benar ToC yang bikin ketagihan.
Terimakasih IGI dan PT Samsung..

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here