TRAINING OF COACH YANG MENJADIKAN GURU MELEK IT

0
595

OKTORIYADI, S.Pd

Anggota IGI Kabupaten Kapuas Hulu

Teknologi dan informasi merupakan sebuah kebutuhan “primer” bagi seorang guru. Hal ini mengingat perkembangan IT begitu dekat dengan anak-anak generasi saat ini. Jika ingin mewujudkan generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka gurulah yang harus terdepan dalam menguasainya. Guru yang sukses di era globalisasi adalah menjadi guru yang tidak pernah berhenti untuk terus belajar mengembangkan keterampilan dan mengupdate informasi ilmu pengetahuannya. Dengan demikian bagi saya jarak dan tempat tugas mengajar di pedalaman kapuas hulu bukanlah menjadi halangan untuk belajar menguasai dan terampil dalam memanfaatkan IT (melek IT). Salah satu jalan untuk melek IT bagi seorang guru adalah dengan mengikuti diklat-diklat literasi berbasis IT yang menjadi salah satu program Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Pengalaman mengikuti Training Of Coach (TOC) literasi berbasis IT yang diselenggarakan oleh pengurus wilayah Ikatan Guru Indonesia Kalimantan Barat berkerjasama dengan PT. Samsung Elektronik Indonesia di Pontianak pada tanggal 19-20 Desember 2016 merupakan sebuah kegiatan terobosan bagi peningkatan kompetensi guru Kalimantan Barat untuk kreatif dan produktif dalam menghasilkan inovasi penyajian materi pelajaran yang menarik. Kegiatan TOC dikemas panitia dengan menghadirkan trainer dari anggota IGI yang profesional mampu menciptakan rasa ingin tahu yang tinggi bagi peserta TOC. Hari pertama peserta disajikan dengan materi pengenalan umum Media Pembelajaran Interaktif berbasis IT dan simulasi menggunakan tablet Samsung A-8. Muatan kegiatan ini memang merangsang peserta untuk melek IT sehingga dapat memanfaatkan IT dalam proses pembelajaran serta membuat peserta semakin penasaran untuk mengeksplorasi fitur-fitur pada teknologi yang bernama Samsung A-8. Ternyata teknologi IT bukan lagi hal yang menakutkan bagi dunia pendidikan yang katanya memiliki dampak negatif bagi dunia anak-anak, tapi justru melalui kegiatan ini membuat saya semakin menyakini bahwa semuanya bergantung pada kemampuan melek IT guru dan orang tua untuk memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak terhadap IT tersebut.

Selasa, 20 Desember 2016 merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi setiap peserta. Timbul pertanyaan, bagaimana bisa seperti itu? Ya, karena kegiatan di hari kedua ini menjadi fokus kegiatan TOC untuk mendalami pengetahuan dan keterampilan penggunaan IT yang dapat menghasilkan pengemasan materi pelajaran sesuai dengan minat dan tren generasi masa kini. Peserta dilatih untuk dapat menyajikan materi pelajaran dalam bentuk komik serta pemograman menggunakan Microsoft Office Powerpoint melalui Microsoft Visual Basic dan lectora untuk menghasilkan kemasan materi pelajaran secara unik dan menarik. Hal yang paling berkesan adalah dalam berberapa jam saja peserta TOC telah mampu membuat komik menurut kreativitasnya dan tentunya tidak terlepas dari bimbingan trainer hebat yang dimiliki IGI. Materi pemograman dalam membuat media pembelajaran interaktif juga tidak kalah serunya, dimana peserta keasyikkan mengeskplorasi Microsoft Visual Basic tanpa sadar waktu kegiatan sudah terlewatkan. Namun demikian peserta tetap dapat melanjutkan proyeknya di waktu-waktu berikutnya secara mandiri dengan bantuan media group telegram IGI.

Sebuah pengalaman bermakna yang peserta alami dari kegiatan TOC literasi produktif berbasis IT. Kegiatan TOC ini mampu menjadikan guru  melek IT untuk menghasilkan inovasi-inovasi media pembelajaran berbasis IT sehingga dapat dimanfaatkan dalam menciptakan generasi yang mampu bersaing di zaman digital sekarang ini dan masa yang akan datang. Semoga IGI terus berkembang untuk mewujudkan guru-guru Indonesia yang hebat dan bermartabat secara profesional.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here