TOC LITERASI PRODUKTIF IGI : KOMIK PEMBELAJARAN, POWER POINT DAN LECTORA

0
588

ADRIANUS AMIAT, S. Pd

IGI Kabupaten Mempawah

Pada pertengahan bulan Desember, tepatnya tanggal 19-20 Desember 2016, IGI Kalimantan Barat bekerja sama dengan PT. Samsung Indonesia, mengadakan pelatihan Literasi Produktif bagi guru-guru anggota IGI.

Materi pelatihan berkaitan dengan pembuatan media pembelajaran, yaitu pembuatan komik pembelajaran, power point presentasi dan lectora. Selama kegiatan, peserta yang merupakan guru-guru anggota IGI dari beberapa kabupaten, terlihat sangat antusias. Setelah mendengarkan penjelasan teorinya, sebagian peserta sudah mulai terampil membuat media komik pembelajaran dan power point, sebagian lagi masih ada yang tampak kebingungan. Terutama untuk pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan lectora, karena sebagian laptop peserta tidak dapat terinstal program lectora tersebut. Namun ini tidak menyurutkan semangat peserta pelatihan.

Pembuatan media pembelajaran ini tidaklah sulit, apalagi fasilitator nasional yaitu bapak Abdul Karim, yang dengan sabar tahap demi tahap memberi bimbingan, hingga kami para peserta dapat mempraktekannya dengan baik, meski baru dasar-dasarnya. Tantangan berikutnya adalah bagaimana para peserta nantinya benar-benar dapat menghasilkan suatu media pembelajaran yang utuh, yang dapat digunakan untuk membantu memperlancar proses pembelajaran di sekolah.

Pada sesi akhir, dari pihak Samsung Indonesia, memberikan informasi tentang produk samsung yaitu Tablet A8 dan A10, yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Bagaimana memanfaatkan secara optimal tab A8, dijelaskan secara rinci, sehingga peserta pelatihan memahami benar penggunaannya dengan mudah dan praktis.

Melalui kegiatan ini, terlihat kerjasama yang baik antara IGI dan Samsung, dalam meningkatkan kompetensi guru, untuk meningkatkan mutu pendidikan.  Semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut, demi masa depan anak bangsa.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here