TOC LITERASI PRODUKTIF BERBASIS IT : CIPTAKAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG YANG MENARIK

0
1015

ENDAH WIDAYATI, S. Pd

Peserta TOC IGI Kabupaten Mempawah

Pembangunan dunia pendidikan  selalu mengalami perkembangan pesat seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam.  Peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan pun harus dapat mengikuti perkembangan tersebut, agar lebih berdaya guna.

Guru dituntut mampu berpartisipasi dalam  membangun dunia pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan teknologi yang ada dalam merancang dan menggunakan media-media pembelajaran digital yang efisien, efektif dan menarik untuk membantu peserta didik mencapai standar akademik dan mengembangkan potensinya.

Training of Coach (TOC) Literasi Produktif Berbasis IT yang dilaksanakan di Pontianak, 19 – 20 Desember 2016, yang diselenggarakan oleh IGI Wilayah Kalimantan Barat, didukung penuh oleh PT Samsung Indonesia,  memberikan solusi yang sangat tepat dalam peningkatan kemampuan guru. Manfaat yang diperoleh melalui kegiatan TOC ini, diantaranya :

  1. Pembuatan media pembelajaran yang disebut MPI (media Pembelajaran Interaktif), yang difasilitasi oleh Bapak Abdul Karim. Teori dan praktek pengembangan media pembelajaran interaktif melalui pembuatan komik pembelajaran, pembuatan power point presentation dan lectora, merupakan wujud nyata inovasi pendidikan dalam rangka menghasilkan media-media pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta pelatihan dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan serta mempermudah  guru menyampaikan materi.
  1. Informasi terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal untuk memperlancar proses pembelajaran, oleh perwakilan PT Samsung Indonesia di Pontianak. Dijelaskan dengan rinci cara memanfaatkan tablet A8 agar dapat digunakan dalam pembelajaran, dan bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan tablet A8.

TOC  yang diikuti oleh 35 peserta, selama dua hari tersebut, sangatlah menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi guru. Terima kasih kepada Ikatan Guru Indonesia yang telah melaksanakan program kegiatan TOC dalam rangka memfasilitasi dan melatih guru-guru untuk dapat menyusun  dan menggunakan media pembelajaran yang berbasis TIK. Kepada PT Samsung Indonesia atas dukungan dan kerjasamanya dalam rangka pemanfaatan teknologi yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here