TOC DI ATHIRAH

0
944

Muhammad Zia-ulHaq, S.Pd., M.Pd.

Sekertaris IGI Kota Makassar

Ketika itu dari IGI Pusat dan Samsung kerjasama dengan IGI Wilayah Propinsi Sulawesi Selatan mengadakan T.O.C di Athirah pada hari Sabtu dan Minggu. Beberapa daerah datang ke tempayt itu, ada dari Bulukumba, Maros, dan Pangkep. Kabupaten Sidrap mengadakan TOC di hari yang sama karena pengambil Tablet terbanyak kalau tidak slaah informasi.

Selama mengikuti TOC di gedung Audiotorium Athirah di Kajalalido di hari Sabtunya, Aku harus bolak–balik menjemput anak di sekolah saat itu selama training. Walaupun hujan turun begitu deras dengan berbekal motor Smash Titan dan mantel aku kembali mengikuti TOC walaupun agak terlambat.

Setelah Samsung menjelaskan beberapa kelebihan Tablet Galaksi Samsung A8 (walaupun aku belum beli), banyak ilmu yang saya dapat. Bahkan Aku memperoleh informasi lebih cepat dari peserta saat itu karena aku mengutak atik Tablet seorang panitia yang meminjamkannya untuk memperoleh semua isi tentang Galaksi Samsung A8.

Kemudian setelah memaparkan panjang lebar tentang Galaksi Samsung A8, pemateri selanjutnya adalah Bu Dewi Wahyuni dari Bulukumba (alumni TOT dari Surabaya) dengan asistennya Bu Harma dari Maros (alumni TOT dari Surabaya) yang memaparkan tentang cara menggunakan Comic Strip di Galaksi Samsung A8, kalau Aku menggunakan Comic Strip di laptop biru. Kemudian dilanjutkan oleh Pak Imran Rosyadi yang mengajar di Maros (tapi tinggal di Makassar) memaparkan drawing cartoon 2 dengan berturut-turut.

Di hari terakhir (Minggu guys) kami dibagi dua kelompok: satu kelompok sagusanov oleh Pak Muntasir dari Pangkep (alumni TOT dari Surabaya) dan Pak Imros (baca: Imran Rosyadi) (alumni TOT dari Surabaya)dengan digital kelas sedangkan yang lain Kelas sagusablog oleh Pak Basri Lahamuddin dari Makassar dengan bloggernya dan sagusakti oleh Bu Arfiany Babay dari Gowa dengan penulisan karya tulis ilmiah serta best practice nya.

Aku ikut di kelas Pak Basri dan Bu Arfi, tapi lagi-lagi aku mendapat masalah. Jaringan tidak bersahabat di ruang itu, sehingga aku hanya mengandalkan ingatan dan tulisan serta file yang dikirim ke telegram.

Selama berlangsung pembelajaran di kelas Sagusablog, ada seorang guru Pendidikan Agama Islam dari SMAN 14 awalnya baru dia yang beli Galaksi Samsung A8 dibanding orang di sekolahnya. Ia ketinggalan jauh informasi berhubung ia terlambat masuk karena mungkin menyelesaikan tugasnya dulu di rumah. Ketika dia buka Galaksi Samsung A8, terlihat ia kebingungan. Ia mulai bertanya kesana kemari tapi orang pada sibuk dengan penjelasan Pak Basri, aku pun menolongnya karena tidak ada yang bisa bantu. Jadi, sambil sesekali mendengarkan apa yang dibilang pemateri, aku membantunya hingga sampai ke materi yang diajarkan Pak basri yang lumayan lama. Sebelum dimulai kelas bu Arfi kami dipanggil ke ruang kelas yang satu dan ternyata untuk merayakan ulang tahun Bu Arfi, Happy Birthday Bu. Setelah makan-makan kemudian kami kembali ke kelas untuk mendengarkan penjelasan Bu Arfi tentang bagaimana membuat karya tulis ilmiah hingga bagaimana cara bisa menang di juara di perlombaan tetapi tidak terasa waktu pun berlalu cepat hingga akhirnya diberikan tugas. Oh iya guys, selama belajar aku bisa belajar sendiri karena kadang tidak diajari tapi alhamdulillah aku bisa juga dan juga selama kita belajar, kami juga tidak lupa laporan pertanggung jawaban ke Allah baik dhuhur maupun azhar.

THAT’S ALL GUYS AND GIRL SEE YOU, IGI KREEEN

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here