TOC Cerdas Melahirkan Trainer Berkualitas

0
576

DEWI AMELIA VALENTINE, M.Pd

SMP Negeri 2 Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalbar

Berilmu dan berbagi ilmu tentunya merupakan salah satu tujuan yang ingin seorang guru capai. Untuk mengembangkan pengetahuan dan berbagi ilmu pada peserta didik, seorang guru tentunya sudah dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan yang diterima dari LPTK tempat guru tersebut memperoleh pendidikan. Namun hal itu tentunya tidak akan cukup bagi guru yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya. Tentu ada rasa ingin berbagi, ingin mendengar pengalaman mendidik dari guru lain dan ingin terus menggali pengetahuan demi meningkatkan kualitas diri. Hal ini relatif sulit bagi kami, guru yang bertugas di daerah pedalaman perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Kami jarang sekali mendapatkan kesempatan mengembangkan diri melalui pelatihan-pelatihan atau training demi peningkatan kualitas mendidik kami. Jangankan pelatihan-pelatihan atau training berskala nasional, di tingkat kabupaten saja wilayah kami jarang diikut sertakan dengan alasan informasi terlambat didapat, terbatasnya kuota dan lain sebagainya. Keinginan mengembangkan diri kami seolah terkungkung oleh jarang dan waktu yang membatasai gerak kami.

Seiring berjalannya waktu dan terdorong oleh semangat ingin terus maju, hal ini sedikit demi sedikit terkikis oleh adanya informasi-informasi yang sering akses dari situs salah satu ikatan tenaga profesi yakni IGI. Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen dan pemerhati pendidikan. Organisasi ini diperkuat melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06. Tahun 2009. Informasi yang diberikan melalui situs resmi IGI sangat aktual dengan isu-isu pendidikan terkini. Lebih lagi dengan seringnya diadakan training-training pengembangan mutu pendidik oleh IGI. Dan bagai mentari ditengah kegelapan, IGI hadir menerangi kami, guru-guru pedalaman yang haus akan pengembangan diri. IGI mengadakan Training Of Coach (TOC) dengan tema “Literasi Produktif Berbasis IT” yang di adakan di Kalimantan Barat dan pesertanya adalah guru-guru dari seluruh Kabupaten/ Kota di Kalimantan Barat. TOC ini diadakan pada tanggal 19-20 Desember 2016 dan diseponsori oleh Samsung, dan kami berkesempatan menjadi peserta dalam TOC ini.

Melalui TOC ini kami dilatih untuk dapat mengambangkan pengetahuan kami, dibina untuk mendalami IT demi peningkatan kualitas mendidik kami, dan diarahkan untuk berbagi pada rekan-rekan seperjuangan kami demi meningkatnya mutu pendidikan di daerah kami. TOC ini mencerdaskan pengetahuan dangkal kami dalam mengoperasikan MS. Eksel untuk memuat soal tes, mengarahkan kami untuk membuat media pembelajaran berupa komik dan memberikan kesempatan pada kami untuk mengkomunikasikan segala hal yang ingin kami dalami demi peningkatan kualitas mendidik kami.

Dalam ruangan dan fasilitas yang disediakan Samsung kami berbagi berbagai ilmu, shering antar guru dan pemateri serta terus diajak untuk merencanakan perbaikan pendidikan kedepannya bagi daerah masing-masing. Orientasi kegiatan ini tidak hanya mencerdasakan guru dalam peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga mendorong guru untuk membagi ilmu yang telah didapat dalam TOC ini pada rekan-rekan guru lainya agar peningkatan kualitas itu tidak hanya berhenti disatu atau beberapa guru saja tetapi dapat pula dirasakan oleh rekan-rekan guru lainnya.

TOC yang didukung oleh Samsung ini benar-benar bagai tetesan air dalam dahaga dan kehausan ilmu kami, para guru di pedalaman perbatasan ini. Terimakasih kami haturkan pada IGI dan Samsung karena telah mencerahkan dan meningkatkan kualitas diri kami dalam mendidik anak-anak didik kami. Semoga TOC-TOC cerdas seperti ini dapat terus diadakan dan dapat terus menjadi pencerah dan penyongsong peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

 

Salam Literasi

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here