TOC AKHIR TAHUN 2016

0
481

EKO SRIPURWANINGSIH

IGI Klaten Jawa Tengah

Hari-hari terakhir ditahun 2016, tepatnya tanggal 27-28 Desember 2016 diselenggarakan kegiatan Training Of Coach yang bertempat di Islamic Center Semarang. Training ini diselenggarakan oleh sebuah organisasi guru yang bergerak dalam bidang peningkatan mutu guru yaitu Ikatan Guru Indonesia. Kegiatan ini juga didukung dan disponsori oleh Samsung, sebuah merek ternama yang tiada seorangpun yang tak mengenalnya.

Peserta yang mengikuti training ini berasal dari berbagai penjuru daerah sewilayah Provinsi Jawa Tengah. Tak banyak yang kukenal di sini, akan tetapi melihat semangat para trainer dan peserta lainnya membuat diriku pun tambah bersemangat.

Kegiatan yang dilakukan untuk melatih para pelatih ini dilaksanakan cukup baik. Para trainer menyajikan materinya dengan sangat baik. Dengan kepiawaian mereka, seluruh peserta mendapatkan penghargaan, yaitu sebuah ilmu. Ilmu yang tidak mungkin didapat bila tidak mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini pun sangat merasa terpuaskan.

Semua ilmu yang diberikan oleh para trainer adalah ilmu baru bagi peserta. Meski ternyata semua aplikasi yang digunakan sudah tersedia. Akan tetapi, kami tidak akan dapat dengan sengaja menemukan aplikasi tersebut bila tidak mengikuti Training Of Coach ini. Salah satu ilmu itu adalah Menemu Baling. Materinya disampaikan oleh seorang master IT tingkat dunia yaitu Mr. Mampuono Tomodiredjo.

Dikatakan oleh Mr. Mampu bahwa dalam keguundahgulanaannya disuatu malam itu beliau menemukan aplikasi yang dapat membantunya membaca dengan telinga sehinga beliau tidak perlu membaca berlembar-lembar buku, akan tetapi cukup membawa tablet yang dapat membacakan berapapun buku yang ingin beliau baca seperti seorang anak yang diperdengarkan dongeng sebelum tidur.

Ilmu yang beliau dapatkan itu kemudian diberi nama MENEMU BALING, merupakan kependekan dari Menulis dengan mulut Membaca dengan telinga. Aplikasi yang digunakan adalah Google text to speach, yaitu sebuah aplikasi bawaan dari hand phone android merek Samsung. Ikon dari aplikasi ini sangat khas, yaitu berbentuk microfon. Sebagai pengguna android, aplikasi ini sudah sangat familiar. Akan tetapi, baru tahu bila aplikasi itu dapat digunakan untuk menulis apapun yang ingin ditulis. Sehingga memudahkan bagi para penulis untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya.
Aplikasi yang kedua adalah Voice Aloud Reader. Aplikasi ini lah yang digunakan untuk mendengarkan berlembar-lembar buku yang ingin dibaca. Aplikasi ini dapat membaca tulisan baik dalam bentuk pdf ataupun word. Bila mempunyai aplikasi ini, tidak perlu lagi membawa buku tebal kemana mana, tetapi cukup mencari ebook nya.

Mr. Mampuono kemudian menggabungkan aplikasi tersebut dengan ditambahkan beberapa aplikasi lain dan menjadi suatu ilmu baru yaitu MENEMU BALING. Beberapa aplikasi lain yang ditambahkan tersebut yaitu alat untuk menulis yang digunakan adalah google keyboard yang disetting menggunakan pengetikan google voice bertanda microfon, lalu tempat untuk menulis yang dipakai adalah mesin pencatat color note. Sehingga bila digabungkan seluruh aplikasi tersebut dapat diurutkan sebagai berikut:
1. Buka mesin pencatat Color Note hingga terbentang lembaran baru siap ditulis.
2. Sentuh lembar tersebut sehingga keluar keyboard.
3. Cari settingan ikon microfon (setiap tipe berbeda letaknya) yang ada di antara tuts keyboard tersebut.
4. Sentuh microfon tersebut hingga ada perintah untuk “ucapkan”.
5. Buatlah tulisan artikel, berita, atau apapun dengan ucapan.
6. Setelah tulisan selesai, kirimkan kepada voice aloud reader.
Selesai tulisan dibuat langsung dapat dibaca dengan menggunakan voice aloud reader.

Hal paling berkesan yang didapatkan saat Training Of Coach ini adalah semua ilmu yang ditransfer oleh para trainer sangat berguna bagi para guru untuk meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik profesional. Tiada hal yang terlewat sedikitpun untuk tidak mengikuti semua sesi dalam kegiatan ini. Bagi peserta, semua sesi adalah ilmu yang sangat bermanfaat. Sebab itu, Sebuah kesempatan yang luar biasa bagi kami karena dapat mengikuti kegiatan ini.

Banyak ucapan terima kasih kami sampaikan kepada IGI khususnya IGI wilayah Jawa Tengah yang telah mengadakan kegiatan Training Of Coach bersama Samsung, dan telah mengundang kami sebagai peserta. Semoga kedepannya akan betebaran kegiatan seperti ini di setiap daerah dan mengupayakan guru-guru seIndonesia menjadi guru hebat sehebat para trainernya. Aamiin.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here