THREE IN ONE IGI KAB ACEH TIMUR

0
718

Jelang libur semester, di sela-sela kegiatan penulisan raport, guru-guru di Aceh Timur mengisi juga dengan kegiatan pengembangan diri, pelatihan peningkatan kompetensi serta publikasi ilmiah dan kegiatan seminar hasil penelitian oleh beberapa guru.

IGI Kabupaten Aceh Timur menjadi idola melalui kegiatan IGI Visits Schools karena menawarkan pelatihan gratis bagi sekolah yang guru-gurunya 100% menjadi anggota IGI. Seperti 8 Desember lalu misalnya IGI Kabupaten Aceh Timur diundang untuk mengisi kegiatan di MIN Simpang 4 Peurelak Aceh Timur untuk materi Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan hari ini, IGI Kabupaten Aceh Timur terlibat dalam tiga kegiatan dalam satu hari atau three in one, yaitu kegiatan IGI Visits Schools dan kegiatan seminar pengembangan diri serta seminar hasil penelitian bekerjasama dengan PGRI Cabang Simpang Ulim.

Kegiatan IGI Visits Schools berlangsung di MAN Simpang Ulim dengan materi merancang modul pembelajaran berbasis komik. Kegiatan yang diikuti sekitar 30 peserta guru-guru yang sudah menjadi anggota IGI di MAN Simpang Ulim berlangsung dari pukul 09.00 s.d 14.30 WIB ini berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari peserta. Materi komik yang diisi oleh pengurus IGI Kabupaten Aceh Timur, yaitu Aiyub, S.Pd., Puji Satria, SE dan Aminuddin silih berganti mengawal delivery materi dengan memerhatikan tingkat kemampuan IT dari peserta.

Tidak jauh dari kegiatan IGI Visits Schools, sekitar 5 KM ke arah pesisir, kader IGI Aceh Timur yang lain, Arfan, S.Pd memberikan materi tentang Pengembangan Diri dan Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat/Golongan bagi guru SMP dan SMA di UPTD Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan setengah hari tersebut berlangsung di SMP Negeri 1 Pante Bidari tersebut diikuti oleh sekitar 30 peserta dengan disertai para peserta yang akan seminar hasil penelitian pada setengah hari menjelang sore. Kegiatan ini didanai oleh PGRI cabang Simpang Ulim dengan mengundang narasumber dari IGI kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan penutup pada SMP Negeri 1 Simpang Ulim adalah presentasi seminar hasil penelitian oleh empat guru yang terdiri dari 2 guru SD, 1 guru SMP dan 1 guru SMK. Dalam kegiatan yang masih disponsori oleh PGRI mengundang Koordinator Pengawas Kabupaten Aceh Timur, Supiono, S.Pd., M.Pd yang juga merupakan anggota dewan pembina IGI Kabupaten Aceh Timur sebagai juri dalam kegiatan ini dan Ketua IGI Kabupaten Aceh Timur Khairuddin, M.Pd sebagai partner diskusi dalam penilaian hasil penelitian guru-guru di Aceh Timur tersebut.

Kegiatan IGI Visits Schools masih ketat berlangsung dalam minggu menjelang bagi raport di Aceh Timur.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here