STRATEGI KETUA IGI KOTA LHOKSEUMAWE HADAPI ERA INKUBASI COVID19

0
201

Saat Pemerintah Aceh menginstruksikan siswa untuk belajar di rumah selama dua pekan. Kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran pandemi Corona atau Covid-19. Ketua IGI Kota Lhokseumawe sekaligus guru Fisika SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd tidak kehilangan cara menyikapi proses pembelajaran berkulaitas tetap berlangsung.

Darmawan tetap melakukan proses pembelajaran bersama siswa secara tatap muka. Memanfaatkan ruang digital melalui video conference, pembelajaran jarak jauh dengan masih tatap muka merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan.

Darmawan mengaku bahwa ide menggunakan ruang virtual setelah ia mengikuti pelatihan Virtual Coordinator Training (VCT) yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) bekerja sama dengan SEAMEO dan Seamolec, kumpulan organisasi Kemdikbud se-Asia Tenggara.

“Saya pernah ditunjuk sebagai Koordinator VCT Wilayah Aceh dan kita berhasil meluluskan lebih dari 300 guru yang cakap menggunakan virtual room ini. Kita berharap mereka juga mengimplementasikan kepada siswa,” ujar Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menjelaskan bahwa ia bersama siswanya tetap belajar secara tatap muka menggunakan ruang virtual dengan jadwal seperti roster yang berlaku. Dengan demikian, materi pelajaran tidak tertinggal. Keunggulan platform Webex untuk tatap muka ini, anak-anak dapat diketahui siapa saja yang berhadir di room.

“Siswa terlihat sangat senang belajar menggunakan virtual room ini. Apalagi penjelasan pembelajaran dapat lebih bervariasi menggunakan papan tulis digital milik Microsoft Teams yang dapat diperoleh secara gratis pula. Bahkan kita dapat menambahkan dengan laboratorium maya untuk praktikum yang dapat diakses siswa menggunakan perangkat smartphone maupun laptop,” ungkap Darmawan.

Darmawan mengajak guru lain untuk melakukan pembelajaran daring meski siswa belajar di rumah.

Era digital atau 4.0 ini katanya, sangat mudah melakukan proses pembelajaran dengan portal-portal yang disediakan secara gratis.

Comments

comments