MENGOPTIMALKAN SMARTPHONE UNTUK LITERASI PRODUKTIF BERSAMA IGI

1
1010

Oleh Muh. Muchlis

“Penggunaan teknologi informasi seperti smartphone dalam pembelajaran merupakan salah satu proses revolusi guru di Indonesia”. Demikian salah satu isi sambutan Wakil Dekan bidang akademik, Dr. Munawir, M.Psi dalam acara pembukaan Workshop Pemanfaatan Smartphone untuk literasi produktif.
Workshop yang mengambil tema Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone ini diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia se Solo Raya, yang bekerja sama dengan Program studi Magister Teknologi Pendidikan UNS. Hal ini merupakan perwujudan dari Perjanjian Kerjasama yang telah ditanda tangani antara Prodi Magister Teknologi Pendidikan dengan Ikatan Guru Indonesia se Solo Raya. Daerah se Solo Raya meliputi kota Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar dan Wonogiri. Ketujuh daerah ini bersinergi dalam mengenalkan dan.mengembangkan IGI di daerah Solo dan sekitarnya.

Seminar diikuti tidak kurang dari 553 peserta. Para peserta ini berasal dari kalangan guru dan mahasiswa. Mereka bukan hanya datang dari daerah Solo dan sekitarnya saja. Tetapi ada jg peserta yang berasal dari Semarang, Kendal serta daerah lainnya. Bahkan ada juga yg datang dari kabupaten Karawang.

Para peserta tampak antusias mengikuti meski kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Maret 2017, waktu yang sebenarnya bisa mereka gunakan untuk berlibur. Meski pada saat itu juga Solo hujan lebat tidak mengurangi semangat para peserta untuk hadir di Aula Gedung Ungu FKIP UNS.
Tampil sebagai pemateri yaitu Prof Dr. Nunuk Suryani, M.Pd selaku Ketua LPPKS Indonesia, Sekjend IGI Mampuono, M.Kom dan Dodik Isdiyantoro, S.Pd. Kegiatan ini menjadi lebih lancar berkat tampilnya moderator yaitu Mulyati, S.Pd, M.M serta Drs. Bambang Sugiri, S.H, M.Pd. Dirjend GTK karena sesuatu hal berhalangan hadir.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui optimalisasi pemanfaatan smartphone untuk pembelajaran dan Selain itu untuk menumbuhkan semangat dan motivasi bagi guru dalam berinovasi, sebagai bagian dalam upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Pada kesempatan tersebut telah diserahkan dokumen Perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani oleh Ketua Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP UNS dengan IGI se Solo Raya. Perjanjian kerjasama tersebut berisi kesepakatan untuk meningkatkan kualitas SDM dibidang pendidikan dalam hal kegiatan ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Perjanjian tersebut berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang kembali.

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here