SERDU SAGUSATAB SERBU SADAR

1
774

“Pak Khai tahu tidak komponen aplikasi Learning Management System versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ?” Tanya pak Sukari pada saya suatu ketika melalui Telegram.

Wah, meskipun mementori pelatihan kelas digital pada Seamolec dengan materi Social Learning Network Edmodo, pertanyaan ini buat saya gelagapan tidak tahu jawabannya.

“Pak Khai, Aplikasi dikatakan LMS versi kemdikbud jika memiliki 5 komponen, (1) Online learning, (2) Online assessment, (3) Self service, (4) Collaborative, serta (5) Resource training” Lanjut pak Sukari, “Nah, kalau itu komponennya, kita bisa kembangkan sendiri lho pak dengan memanfaatkan server sekolah, artinya akses di sekolah pakai Intranet sementara akses di luar sekolah pakai Internet”

Tanpa menunggu besok, saya langsung mengajak pak Sukari yang juga merupakan Ketua IGI Kabupaten Gresik untuk membagi ilmu pada Rabu Malam melalui Video Conference di kegiatan Sarasehan dalam Jaringan (SADAR). Terlebih pak Sukari sedang menggagas gerakan serdu sagusatab. (yang itu saya belum berani tanya, biar saja pak Sukari diserbu pertanyaan saat SADAR)

Penasaran bagaimana mengembangkan server sekolah all in one ?. Ikuti kegiatan SADAR yang menghadirkan pak Sukari Rabu Malam tanggal 18 Januari 2017 dengan Materi Pemanfaatan All in One Server Sekolah. Sementara pada sesi kedua akan menampilkan pak Didi Pianda Guru SMK Negeri 6 Lhokseumawe yang juga merupakan Sekretaris Umum Ikatan Guru Mata Pelajaran Matematika Indonesia. Pak Didi yang sedianya tampil minggu lalu tapi terkendala jaringan internet di Lhokseumawe akan berusaha kembali menampilkan materi memanfaat internet dalam proses pembelajaran sekolah dengan Learning Management System yang telah tertata yaitu Quipper School.

Kedua pemateri tersebut akan dikawal oleh Host dari NTB, sekretaris IGI Kota Bima, pak Bambang Setiawan. Sungguh nuansa kebhinnekaan dalam pembelajaran bersama IGI.

Mari berpartisipasi dengan mengakses situs webex.com pada Rabu Malam 18 Januari 2017 serta masuk dengan room code dan password sebagaimana tertera di banner di atas.

KHAIRUDDIN

Penanggungjawab SADAR Channel 1

IGI || Sharing and Growing Together

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here