SAGUSAKU dari IGI, “A Path to Greatness”

0
607

Oleh : Eka Lismia

Berawal dari sebuah pesan Wh**sA*p dari seorang teman, SAGUSAKU mulai melekat di pikiranku. Sedikit asing di telinga karena terdengar seperti sebuah kata berbahasa jepang. Namun setelah kubaca penjelasannya, barulah jelas tergambar bahwa SAGUSAKU adalah sebuah kegiatan yang sangat aku butuhkan untuk mengembangkan diri demi menunjang tugasku sebagai guru.

SAGUSAKU adalah sebuah pelatihan yang di inisiasi oleh IGI atau Ikatan Guru Indonesia. Garapan utama dari pelatihan ini adalah Literasi. Virus literasi akut diharapkan dapat menginfeksi semua peserta pelatihan ini. Kemampuan menulis menjadi inti dari pelatihan ini. SAGUSAKU yang merupakan kepanjangan dari Satu Guru Satu Buku bertujuan untuk mendorong guru agar mampu menulis sebuah buku. Dengan produktif menulis diharapkan menjadi motor pendorong bagi tumbuh kembangnya kompetensi guru di Indonesia.

Menjadi sukses adalah impian semua orang.  Definisi kesuksesan pastilah berbeda bagi setiap orang. Tapi bagi seorang guru, kemampuan literasi menjadi salah satu indikator terpenting kesuksesan. Menulis sebagai salah satu kemampuan Literasi yang dianggap paling sulit, sering kali menjadi kegiatan yang sangat ditakuti. Dengan SAGUSAKU, guru-guru dibantu untuk mengalahkan ketakutan ini sekaligus didorong untuk produktif menelurkan tulisan-tulisan bermutu.

Ketika seorang guru menjadi sangat sensitif dengan Literasi dan aktif menulis, maka dapat dipastikan bahwa guru tersebut telah memenuhi salah satu indikator menjadi seorang guru yang sukses. SAGUSAKU sebagai sebuah pelatihan yang bertujuan menjadikan guru sebagai penulis yang aktif telah berhasil menjadi sebuah jalan bagi guru menuju kesuksesan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa bagi guru, SAGUSAKU dari IGI is a path to greatness.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here