RUMAH NYAMAN NAN EDUKATIF

0
651

SADAR IGI 128

Keberadaan Rumah Belajar bertahun-tahun sebenarnya menjadi inspirasi bagi organisasi lain membuat layanan pembelajaran digital dengan konten di dalamnya. Sehingga lahirlah start up yang memberi layanan serupa dengan tawaran menarik yang lain. Sementara Rumah Belajar bertahan dengan konsep prima nan gratis, sehingga diharapkan dapat diakses seluruh warga Indonesia.

Rumah Belajar juga mengusung konsep partisipatif, guru-guru pengabdi diseleksi menjadi Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar. Selain itu, Rumah Belajar mepersilahkan guru-guru berbagi untuk menyiapkan konten menarik dan dijadikan salah satu sumber belajar. Kelas Maya Rumah Belajar mulai diminati banyak orang dan menjadi salahsatu bagian pembelajaran digital di sekolah, terutama sejak ada bantuan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja bagi sekolah dalam bentuk tablet dengan konten Rumah Belajar di dalamnya.

Tentu kita harus membesarkan rumah belajar bersama, sebagaimana semua LMS memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun Rumah Belajar milik pemerintah yang menjadi bagian untuk sekolah dan guru Indonesia meski tidak berlabel DRB ataupun SRB. Karena itu, SADAR IGI berkali-kali menayangkan tentang Rumah Belajar, baik melalui DRB bahkan Kepala Pusat Data dan Informasi Kemdikbud, Bapak Gogot, pernah tampil di SADAR IGI.

Kali ini juga demikian, bukan karena maraknya sekolah belajar dari rumah akibat antisipasi Corona Virus, sehingga banyak e-learning digunakan untuk berinteraksi guru dan siswa. Namun kami sudah lama mengundang Bapak Agus Triarso, salah seorang Kepala Bidang pada Pusdatin Kemdikbud, jauh sebelum isu Corona mewabah. Kami datang menjumpai langsung sambil berbincang santai tentang kualitas dan pelayanan Rumah Belajar bagi pendidikan Indonesia.

Rabu Malam melalui Video Conference Pak Agus Triarso tampil di ruang SADAR IGI, dipandu oleh panitia SADAR IGI dari Bima Bapak Bambang Setiawan. Bahasan kali ini tentang kebermanfaatan Rumah Belajar di era digital. Kini kita baru memulai secara masif, namun ke depan, Rumah Belajar menjadi kebiasaan belajar bersama dengan apapun situasi dan kondisi.

SADAR IGI Edisi 128 dapat diakses melalui www.webex.com atau bit.ly/sadar128 || Event Number 572 313 561 || Password 12345.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Mengnspirasi Negeri

Aceh, 17 Maret 2020
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments