PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI TOC ( TRAINING OF COACH) YANG DISELENGGARAKAN OLEH IKATAN GURU INDONESIA (IGI) BERSAMA SAMSUNG CENTRE BERKARYA DEMI PENDIDIKAN INDONESIA

0
552

ELLY YULIANA, S.Pd

IGI Kalimantan Barat

Pada tanggal 19 sampai dengan 20 Desember 2016 adalah langkah awal bagi guru-guru Kalimantan Barat yang telah bergabung bersama IGI dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka bekerja sama dengan SAMSUNG Centre regional Pontianak.

Guru-guru tersebut diberikan pelatihan tentang materi pembelajaran yang menggunakan tekhnologi. Diharapkan agar didalam proses pembelajaran ada dinamika dalam proses tersebut. Siswa tidak hanya dijejali dengan materi yang  membosankan tapi bisa menggunakan media yang menarik yang salah satunya adalah KOMIK PEMBELAJARAN. Media ini adalah salah satu KANAL yang ada di pelatihan tersebut.

Adapun kanal yang manarik bagi saya adalah kanal Media, pada saat itu Pak Karim seorang Instruktur berpengalaman menjelaskan tentang penggunaan Power Point, dan Komik, dan saya mulai berpikir bahwa itu adalah media pembelajaran yang baik bagi anak-anak dalam proses pembelajaran. Untuk Kanal yang lain seperti Literasi dan penulisan karta Ilmiah juga sangat menarik karena saya mulai berpikir untuk menulis kembali karya-karya ilmiah saya yang salah satunya menjadi syarat untuk kenaikkan pangkat dan mengikuti lomba karya ilmiah daerah dan nasional.

Sekarang Guru mengajar pada dunia dimana komunikasi dan dunia Gadget berkembang. Maka dari itu SAMSUNG menjadi fasilitator dalam pelaksanaan tersebut dengan bekerja sama SATU GURU SATU TABLET (SAGUSATAB) ini membuktikan bahwa dalam proses pembelajaran tidak lagi harus menggunakan kertas, kapur, papan tulis dan media lain yang memerlukan waktu untuk anak anak berpikir dan sekolah sudah seharusnya mengharuskan guru untuk melek IT.

Anak-anak sekarang harus bisa diberikan cara mengajar yang baik dan menarik karena kita hidup di jaman mereka dan bukan mereka hidup dijaman kita. Bersama IGI dengan workshop dan pelatihan-pelatihan lain saya pribadi bisa menjadi guru yang berkualitas baik dan profesional. Dengan mengikuti segala program kerja dan sasaran yang IGI berikan menjadi wadah bagi saya untuk berkembang dan kreatif.

“Aku berkarya bersama IGI demi mewujudkan Guru Mulya Karena Karya” Semoga IGI bisa menjadi wadah yang benar-benar saya butuhkan.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here