LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PUN BISA DI FLASH DISK ; IKUTI SADAR

0
920

Learning management system merupakan inovasi untuk pembelajaran interaktif secara digital melalui kelas-kelas di dunia maya. Selama ini kita mengenal Edmodo yang sedang dikembangkan penggunaannya bagi guru-guru Indonesia oleh Seamolec melalui pelatihan-pelatihan kelas maya atau e-training. Selain itu juga ada moodle, sebuah platform yang digunakan salah satunya oleh PPPPTK Matematika Yogyakarta dalam membuat Diklat Online (DOL) bagi guru-guru matematika se Indonesia pada tahun 2012 dan 2013. Serta Quipper dan sebagainya, bahkan Kementerian Pendidikan Nasional ikut mengembangkan LMS melalui rumah belajar.

Sarasehan dalam jaringan (Sadar) Rabu malam tanggal 11 Januari ini akan menampilkan platform LMS yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana karena dapat disimpan dalam flashdisk. LMS tersebut diberi nama SiELSa.

SiELSa-LMS ini dibangun dengan sebuah engine LMS yang bernama eFront. SiELSa ini merupakan sebuah sistem terpadu dari LMS eFront yang digabung dengan sistem server Server2Go. Sehingga pada saat digunakan guru tidak dipusingkan dengan pengaturan/setting webserver. Cukup satu klik, maka semua aplikasi pendukung serentak berjalan. SiELSa-LMS dibangun dengan tujuan agar guru bisa menerapkan sistem elearning mandiri di kelas dengan cara yang mudah dan Praktis. Materi SiELSa akan dipaparkan oleh seorang instruktur nasional guru pembelajar, Pak Endang Muhtadin dari SMP Negeri 1 Cikakak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Sementara pada sesi kedua, pemaparan LMS akan disampaikan oleh Pak Didi Pianda guru SMK Negeri 6 Lhokseumawe yang juga Sekretaris Umum IGMP Matematika Indonesia. Pak Didi selama ini menggunakan LMS Quipper akan memaparkan pengalaman menariknya menggunakan quipper termasuk dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran serta support LMS ini dalam penyediaan modul pembelajaran yang dapat diakses secara online.

Mari bergabung dengan kegiatan Sarasehan dalam Jaringan Rabu malam mulai pukul 19.15 s.d selesai dengan cara mengakses webex, apj27.webex.com.

Belajar gratis, ilmu dan wawasan bermanfaat.

IGI || Sharing and Growing Together

Khairuddin

Penanggung Jawab SADAR Channel 1

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here