INDAHNYA SHARING AND GROWING TOGETHER PARA PESERTA TOC BANTEN

1
592

SYAFEI

IGI Kab.Tangerang Banten

Luar biasa kegiatan  TOC yang diadakan di  Banten sesuai dengan mottonya Sharing and Growing Together berbagi dan tumbuh bersama, akan selalu menjiwai seluruh kegiatan Ikatan Guru Indonesia.TOC ini adalah salah satu program  kegiatan IGI  atas kerja sama dengan PT. Samsung Elektronik Indonesia, dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 27 Desember 2016 di GSG DPRD Provinsi Banten, mengambil tema “Mendidik Guru Membangun Bangsa” .

Penanggung jawab kegiatan  TOC Banten Bapak Tb. Saeful Bahri  selaku ketua IGI Wilayah Banten dan ketua panitia pelaksana Ibu  Neli Fori Karliana merupakan Ketua IGI Kabupaten Pandeglang mengharapkan guru di Banten semuanya yang mengikuti TOC dengan baik dan diharapkan  dapat menjadi Coach yang handal yang dapat saling berbagi ilmu dan tumbuh bersama dengan komunitas dilingkungan mengajarnya sesuai dengan gerakan Visit to Shcool. Pada TOC Banten hadir pula keynote speaker Ir. Eneng Nurcahyati ASDA 2 Provinsi Banten bidang pemerintah dan kesra, dan juga sekaligus membuka dan memberikaan motivasi kepada peserta dan dukungan dalam acara TOC tersebut.

Peserta dan Pelatih tetap semangat dan antusias walaupun kegiatan dilaksanakan dalam suasana cuti bersama dan liburan panjang serta cuaca hujan peserta yang hadir dalam TOC Banten melebihi kuota dari 50 orang menjadi 52 orang peserta yang hadir, terdiri dari pengurus dan anggota IGI Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten dan kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak,  dan IGI Wilayah Banten, dan satu orang peserta dari Wajo Sulawesi Selatan pun sengaja datang ke Banten untuk mengikuti TOC Banten.

TOC yang   dilaksanakan dalam 2 hari, namun panitia tidak menyediakan penginapan bagi peserta. Hal ini dilakukan untuk kembali mendorong bergeraknya gerakan “Guru Saudara”, Alhamdulillah para peserta dan pelatih  bermalam dikediaman /rumah peserta yang terdekat dengan lokasi, inilah yang saya rasakan betapa indahnya rasa persaudaraan dengan gerakan “Guru Saudara”, mereka saling menawarkan untuk menginap dirumahnya, luar biasa. Tidak hanya itu pada saat pembelajaran berlangsung saling berbagi ilmu bagi yang sudah menguasai terutama yang berhubungan IT, Subhanallah Indahnya Sharing and Growing Together.

Acara hari pertama :

  • Pembukaan oleh ketua Wilayah Banten Tubagus Saifeul
  • Sambutan oleh ketua Panitia Ibu  Neli  Fori  Karliana Ketua IGI Pandeglang
  • Pengarahan dari Asda II Provinsi Banten oleh Ibu Hj.Eneng Nurcahyati sebagai motivator hebat yang dapat membangkitkan semangat peserta TOC Banten.
  • Materi optimalisasi Samsung A8 oleh Bpk. Banu Afwan Pribadi Manager Education and Government Samsung Indonesia, belaiu   sangat semangat dan penuh kesabaran dalam membimbing dan mengarahkan peserta TOC.
  • Sagusablog oleh Bpk. Danang Hidayatullah  Staf Khusus Ketua Umum Bidang Hubungan dengan Lembaga Non Pemerintah dari DKI Jakarta

Kegiatan tersebut sampai 22.00 Malam.

Acara hari kedua :

  • Animasi Drawing/Sparkol oleh Bpk. Abdul Aziz Rofiq Narasumber dari IGI Tangerang Selatan
  • Materi penggunaan Barcode Generator & Reader dan QR Scanner, oleh Bpk.  Danang Hidayatullah Staf Khusus Ketua Umum Bidang Hubungan Dengan Lembaga Non Pemerintah dari DKI Jakarta
  • Materi Pembuatan Komik pembelajaran oleh Ibu Nur Azizah Narasumber dari DKI Jakarta
  • Materi Menemu Baling oleh Ibu Yully Rachmawati narasumber dari DKI Jakarta
  • Materi Google Drive dan optimalisasi Power Poin yang dapat diaplikasikan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dari tahap perencanaan sampai evaluasi oleh Bpk Dahli Ahmad (Jabar) (Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan). Para Pelatih dan peserta tetap semangat dan antusias, kegiatan ini berakhir hingga jam 18.00.

Kegiatan TOC Banten ini diharapkan dengan mengikuti pelatihan Training of  Coach   ini, peserta akan memperolah manfaat :

  • Mengenal komponen dan esensi dasar dari SDM sebagai suatu potensi dinamis dalam mencapai tujuan organisasi.
  • Mampu menguasai materi-materi yang telah disampaikan pelatih.
  • Memahami dan menghayati prinsip dasar dan model proses pelatihan.
  • Memahami berbagai tipe cara belajar, gaya mengajar dan memahami dimensi-dimensi efektivitas sebagai trainer serta dapat menerapkan pada berbagai situasi

Tujuaan TOC ini didesain untuk memenuhi kompetensi sebagai berikut :

  • Peserta pelatihan memahami peran penting seorang trainer/pengajar  dalam menjalankan siklus training.
  • Peserta pelatihan merasakan dan mampu menjadi seorang trainer melalui experiential learning dan mampu mengembangkan program inhouse training di organisasi/institusi atau outhouse training lainnya.
  • Peserta pelatihan mampu mengenali kunci sukses seorang trainer dan menerima feedback & evaluasi serta mampu mengembangkan diri menjadi seorang trainer yang kompeten dan handal.

Semoga ilmu yang sudah diperoleh dapat diaplikasikan  dan mampu menjalankan gerakan Visit to School di seluruh Indonesia. Jayalah Ikatan Guru Indonesia (IGI), kiprah dan jejaknya sangat dibutuhkan bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sungguh indah kalau kita saling berbagi dan berkembang dan maju bersama.

#Hidup IGI#.

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here