IGMP MATEMATIKA LANGKAH KAKI PERTAMA DI ATAS AWAN

0
769

Kegiatan perdana dalam kapasitas IGMP Matematika dilaksanakan pertama sekali di Kabupaten Aceh Tengah tepatnya bersama guru Matematika dalam komunitas MGMP Matematika SMA Kabupaten Aceh Tengah, pada hari Minggu, 5 Februari di SMA Negeri 1 Takengon yang diikuti oleh 26 peserta. Agak unik karena Aceh Tengah merupakan daerah yang anggota IGI hanya 4 orang dan seluruhnya guru Matematika, sehingga belum ada kepengurusan. Keberadaan IGMP Matematika menurut mereka merupakan momentum yang pas untuk membangkitkan keberadaan IGI di Aceh Tengah, sekaligus sebenarnya sangat bagus juga bagi pergerakan awal IGMP Matematika secara nasional.

Undangan menjadi pemateri ditujukan kepada Ketua Umum IGMP Matematika, Khairuddin, inilah yang menjadi letak awal pergerakan IGMP Matematika meski belum dilaksanakan khusus oleh IGMP Matematika, namun setidaknya keberadaan IGMP Matematika mulai diakui oleh teman-teman guru Matematika di daerah melalui MGMP. Khairuddin mengisi kegiatan dengan materi internalisasi teknologi dalam pembelajaran Matematika menyenangkan dan bermakna. Materi kegiatan meliputi pengggunaan Geogebra sebagai tools matematika, evaluasi menggunakan wondershare quiz dan powerpoint, literasi matematika melalui pembuatan buku digital dan eksplorasi matematika melalui calculator fx-911ID Plus.

Khairuddin mengungkapkan bahwa peran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun, namun teknologi tidak bisa dibendung, terlebih sumber belajar siswa sangat mudah diakses bahkan dalam dunia selebar telapak tangan. Guru harus cakap menggunakan teknologi, karena itu, Pemerintah pula mendorong penggunaan teknologi di dalam pembelajaran dalam setiap bidang studi termasuk matematika. Dalam kehidupan sehari-hari pun pola matematis tidak sesederhana diperoleh di bangku sekolah, karena itu teknologi IT dalam bidang matematika menjadi keniscayaan. Keberadaan guru memfasilitasi pemahaman konsep yang kuat bagi peserta didik.

Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Aceh Tengah, Nurmawati, mengapresiasi keberadaan IGI, khususnya IGMP Matematika yang bersedia untuk road show ke daerah-daerah yang selama ini jarang tersentuh budaya belajar teknologi seperti di Aceh Tengah yang letaknya di dataran tinggi dengan cuaca yang dingin. Menurut Kader IGI Kabupaten Aceh Tengah, Rafiqah, pasca kegiatan minat-minat guru di Aceh Tengah terutama kalangan guru Matematika untuk mendaftar menjadi anggota IGI menjadi sangat besar, terlebih IGMP Matematika diharapkan kehadirannya kembali khusus untuk pelatihan pembelajaran matematika menyenangkan melalui calculator.

Eksotisme kota Takengon ibukota Aceh Tengah dengan kabut yang sering melingkupi kotanya tidak membuat guru-guru matematika di sana dingin semangat, bahkan prestasi guru-guru Matematika Aceh Tengah sangat “panas” di tingkat provinsi Aceh. Terakhir prestasi yang diraih putra gayo adalah juara I guru prestasi bidang studi tingkat provinsi Aceh, Syafriadi yang juga pengurus MGMP Matematika SMA Kabupaten Aceh Tengah. Ini sangat membanggakan bagi Kabupaten Aceh Tengah sekaligus potensi yang baik bagi pengembangan IGMP Matematika di daerah-daerah.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here