IGMP MATEMATIKA BULUKUMBA MENYEBARKAN VIRUS FOCUSKY

2
962

Laporan : Idaharyani, M.Pd

Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermutu, kreatif, dan inovatif, maka IGMP Matematika Bulukumba mengadakan workshop  “Pembuatan Media Pembelajaran interaktif (MPI). Pembuatan media pembelajaran interaktif (MPI) adalah hal baru bagi guru-guru matematika di Kabupaten Bulukumba, terutama MPI yang memanfaatkan aplikasi Focusky, IGMP Matematika merupakan pelopor kegiatan semacam ini.

Walaupun kegiatan workshop memungut dana yang sangat minim namun animo guru terhadap kegiatan seperti ini masih kurang peminat. Banyak guru dan Kepala Sekolah yang berpandangan miring, pikiran negatif dialamatkan ke IGI, sebagian diantara mereka berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan upaya IGI untuk menjual tablet semata. Kebanyakan mengenyampingkan manfaat yang akan diperoleh peserta setelah workshop berakhir, hal ini dapat dimaklumi karena baru pertama kali diadakan kegiatan serupa oleh pelatih lokal.

Pandangan keliru terhadap IGI beredar luas bagaikan bola liar, akan tetapi kami tetap melaksanakan kegiatan,  akhirnya 40 orang peserta dari yang ditargetkan semula 35 orang hadir untuk mengikuti kegiatan yang mengambil posisi di SMPN 1 Bulukumba. Sebagian dari pendaftar yang bukan anggota IGIpun mendaftarkan diri dan 12 orang menyatakan diri bergabung dengan IGI. Setelah Pembina IGI yang sekaligus merupakan pengawas SMP memberikan pengarahannya yang dilanjutkan oleh ketua IGI Kabupaten Bulukumba yang memperkenakan IGI dan programnya melalui overviewnya, pemateri menyampaikan tahapan kegiatan pelatihan.

Pelatihan yang dimulai tepat pukul 09.00 dan berakhir pukul 13.30 pada tanggal 5 Februari 2017 ini diawali dengan menginstal Software Focusky, selanjutnya peserta diarahkan untuk membuat project baru, lalu menambahkan background pada project yang dibuat, selanjutnyan membuat frame dan objects, memasukkan teks, shape, image ke digital Canvas adalah kegiatan berikutnya. Semua peserta terlihat amat tekun dan antusias dalam kegiatan yang di mentori oleh Idaharyani tersebut. Setelah beristirahat sejenak menikmati hidangan ala kadarnya, kegiatan dilanjutkan dengan agenda memasukkan formula Equation, smart art, dan simbol ke dalam digital canvas. Agar media pembelajaran yang dibuat benar-benar interaktif maka pada digital canvas ditambahkan menu video, flash dan hyperlink.

Suasana aula SMPN 1 Bulukumba yang cukup luas tanpak lengang dan sunyi karena semua peserta pelatihan asyik dengan kegiatannya masing-masing, nampak keseriusan dan rasa ingin tahu dari mereka, sesekali terdengar suara pelan meminta bantuan pada pelatih karena ada kendala. Setelah makan siang dan sholat dhuhur, kegiatan dilanjutkan dengan mengedit Path dan Animation, serta mengedit audio dengan tujuan untuk merapikan hasil kerja peserta. Selanjutnya memilih optiont setting untuk memasukkan lagu. Sebelum finishing peserta dianjurkan untuk preview terlebih dahulu, Finishing dan save adalah kegiatan penutup yang dapat dilakukan secara offline.

Sepanjang kegiatan, peserta terbagi atas dua kelompok. Ada kelompok yang bekerja secara online dan ada pula yang bekerja secara offline, hal ini disebabkan tidak semua peserta membawa modem walaupun telah disyaratkan oleh panitia workshop. Selanjutnya dan mempublish project dan upload project ke youtube dilakukan secara online. Kegiatan workshop ditutup dengan mengkonversi project ke Android.

Mengingat keterbatasan waktu maka workshop “Pembuatan Media Pembelajaran interaktif (MPI) dengan Focusky” dilanjutkan secara online di grup IGMP Matematika Kabupaten Bulukumba dengan memanfaatkan media sosial “telegram”.

Comments

comments

2 KOMENTAR

  1. Adakah panduan belajar focusky secara mandiri? Ingin belajar juga nih… Kayaknya menarik sekali MPI ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here