IGI VISIT SCHOOLS

0
1293

Sungguh mengagumkan sisfo IGI Kabupaten Aceh Timur terus bergerak meski di tengah persiapan masyarakat Aceh untuk Idul Adha. Agak berbeda memang Idul Adha di Aceh yang kemeriahannya melampaui Idul Fitri, terlebih ada puasa Arafah, serta hari Tasyrik dan pembagian daging Qurban, karena itu sekolah-sekolah di Aceh libur Idul Adha sampai satu minggu. Mengagumkan karena malam Idul Adha Sisfo IGI Kabupaten Aceh Timur berada pas di angka 400 anggota, ternyata sisfo tidak mengenal puasa atau bisa jadi keberkahan Arafah. Posisi anggota IGI Kabupaten Aceh Timur yang membuat kami berada di angka 400 tersebut ternyata salah seorang Kepala Sekolah SMA di Aceh Timur.

Pagi Lebaran saya menelepon Kepala Sekolah tersebut, selain mengucapkan selamat Ied Adha, saya juga mengucapkan selamat bergabung bersama IGI. Jawaban beliau membuat saya tersentak oleh suatu program yang sudah kami gagas akhir Agustus lalu, “Pak Khai, kami menunggu kedatangan IGI ke sekolah kami, saya siap mengajak guru-guru di sekolah saya 100% IGI, agar kami diberi pelatihan, siap libur ini bapak silakan ke sekolah kami kita bicara need of assessment” , begitu jawaban Kepala Sekolah tersebut. Kami menggagas program IGI Visit School agar kami lebih dekat dengan sekolah-sekolah terkait kebutuhan peningkatan kompetensi guru secara sektoral, sejak program tersebut kami promosikan di Forum Cek Gu Aceh Timu (group guru Aceh Timur yang saya bentuk di facebook sejak 2012), peningkatan anggota IGI Kabupaten Aceh Timur beranjak naik signifikan di sisfo IGI.

Tujuan dari IGI Visit School adalah akselarasi peningkatan kompetensi guru dengan mengunjungi langsung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Timur, lalu IGI memberikan pelatihan / Workshop / seminar gratis selama 8 jam pertemuan dengan narasumber berasal dari kalangan pengurus / anggota IGI Aceh Timur.

Kegiatan IGI Visit School diperuntukkimg_20160228_160320an bagi sekolah yang sudah 100% Kepsek-Guru nya terdaftar menjadi anggota IGI (boleh hanya PNS saja). Sekolah yang dikunjungi tidak perlu menyediakan honorium dan transportasi narasumber, cukup menyediakan tempat kegiatan serta konsumsi peserta (guru di sekolahnya).

Materi kegiatan boleh dipilih setelah disepakati antara IGI dengan sekolah yang bersangkutan, mencakup:
(1) Melek komputer dasar / menengah
(2) Membuat media pembelajaran berbasis powerpoint
(3) Membuat media pembelajaran berbasis buku digital
(4) Membuat media pembelajaran berbasis komik
(5) Kelas Digital
(6) Membuat media pembelajaran berbasis Whiteboard animation
(7) Membuat media pembelajaran berbasis Prezy Application
(8) Penulisan Best Practice
(9) Penulisan PTK
(10) Menumbuhkan dan membudayakan Literasi sekolah
(11) penyusunan DUPAK (bagi KKG/MGMP atau UPTD yang 100% IGI)

Kegiatan ini bersifat sangat sektoral, karena tutor atau narasumber berasal dari IGI Kabupaten Aceh Timur meski keilmuan yang dikembangkan nanti merupakan hasil dari workshop yang pernah atau akan diperoleh dari narasumber nasional seperti pak Abdul Kholiq (sagusanov), pak Karim (komik dalam pembelajaran), bu Amelia Kesuma (Penulis buku “PTK itu mudah”), pak Eliyas (Sagisandro), pak Mampuono (IT dalam Pembelajaran) dan sebagainya. Hal ini sangat berguna juga bagi narasumber lokal untuk terus mengasah dan memperkaya pengetahuannya melalui berbagi ilmu langsung ke sekolah-sekolah. Sementara sekolah yang ikut kegiatan ini tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk peningkatan kompetensi guru di sekolahnya.

Saat ini tercatat sudah ada 4 SD, 2 SMP dan 5 SMA/SMK yang guru-gurunya sudah 100% IGI dan insyaAllah mulai oktober 2016, IGI Kabupaten Aceh Timur mulai bergerak untuk IGI Visit School

Idi, 12 September 2016

Khairuddin
Ketua IGI Kabupaten Aceh Timur

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here