IGI KABUPATEN ACEH TIMUR LAKSANAKAN RAKERDA II

1
731

Kamis, 12 Januari IGI Kabupaten Aceh Timur mengundang seluruh pengurus dan calon pengurus hasil reshuffle untuk membahas program kerja IGI Kab. Aceh Timur tahun 2017. Bertempat di SMK Negeri Taman Fajar Peurelak, Rakerda berlangsung dengan suasana yang sangat akrab, penuh ide-ide bermakna dari pengurus baru yang di bawah Ketua IGI Kabupaten Aceh Timur yang baru, Fitriadi. Pelbagai keputusan penting terkait kinerja IGI Aceh Timur dibahas serta diformulasikan menjadi skenario tugas yang akan dituntaskan sepanjang tahun 2017.

Mengawali kegiatan Rakerda, mantan Ketua IGI Kabupaten Aceh Timur Khairuddin mengungkapkan berbagai sisi keberhasilan program IGI Aceh Timur 2016 hingga mencapai peringkat nomor 1 nasional untuk jumlah anggota terbanyak di sisfo yaitu 800an saat ini. Khairuddin yang saat ini menjadi Ketua Umum IGMP Matematika IGI Pusat juga mengungkapkan pentingnya peningkatan kompetensi guru lebih spesifik ke bidang studi, bidang keahlian dan guru kelas, sehingga dibentuklah IGMP sebagai organisasi otonom IGI yang nantinya menguatkan kegiatan IGI lebih spesifik dan tajam. Program-program IGI Aceh Timur tahun 2016 dilaksanakan hampir setiap bulan bahkan hampir setiap minggu melalui IGI Visits Schools diharapkan dapat dilanjutkan pola dan programnya di tahun 2017. Terlebih beberapa perusahaan sangat men-support kegiatan IGI seperti Samsung, Casio, Stabillo  dan sebagainya. Sementara kegiatan-kegiatan yang sifatnya lokal sektoral dapat memanfaatkan narasumber lokal sehingga bisa dilaksanakan secara mandiri, sebagaimana citra IGI selama ini, tidak perlu bergantung pada APBD untuk meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran.

Rakeda II IGI Kabupaten Aceh Timur yang dipimpin oleh Ketua IGI Aceh Timur Fitriadi dan Sekretaris Muhammad Fauzi melahirkan berbagai keputusan penting yaitu:

  1. Menetapkan pengurus IGMP Daerah Aceh Timur. Terdapat 20 IGMP yang dirumuskan dalam Rakerda II IGI Kab. Aceh Timur yaitu; (a) IGMP Matematika, (b) IGMP Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan, (c) IGMP Bahasa Inggris, (d) IGMP Biologi, (e) IGMP Pendidikan Agama Islam, (f) IGMP Fisika, (g) IGMP Senibudaya, (h) IGMP Pendidikan dan Kewarganegaraan, (i) IGMP Kimia, (j) IGMP Sosiologi, (k) IGMP Bahasa Indonesia, (l) IGMP Ekonomi, (m) IGMP Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, (n) IGMP Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, (o) IGMP Bidang Keahlian Bisnis Manajemen, (p) IGMP Bidang Keahlian Kesehatan, (q) IGMP Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi, (r) IGMP IPA Terpadu, (r) IGKMI dan (t) IGSD. IGMP yang sudah terbentuk diharapkan untuk mengajukan program-program kerjanya sampai batas waktu 20 Februari 2017
  2. Menyiapkan kegiatan Milad IGI Kabupaten Aceh Timur ke-3 melalui kegiatan Seminar dan Aneka Lomba kompetensi literasi guru. Seminar akan diadakan pada tanggal 26 Maret 2017 yang diisi oleh narasumber yang ahli dalam bidang menulis untuk memberi motivasi menulis kepada guru-guru di Aceh Timur. Sementara sebelumnya pada tanggal 25 Maret 2017 akan diadakan lomba yang pesertanya terdiri dari seluruh guru di Aceh Timur. Bidang yang akan diperlombakan adalah: (a) Pembuatan media pembelajaran berbasis Komik,  atau FlipBook atau buku digital Sagusanov (b) Penulisan karya ilmiah dalam bentuk artikel dari sari hasil Classroom action research atau Best practice. (c) Karya Inovasi Keahlian Guru
  3. Meneruskan IGI Visit School sebagai program unggulan IGI Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan Rakerda berlangsung hingga pukul 17.30 WIB ditutup oleh mantan Ketua IGI Aceh Timur periode 2014 yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum IGI Regional Sumatera, Babe Nurdin dengan arahan dan motivasi pergerakan organisasi serta membangun hubungan harmonis dengan stake holder dan seluruh organisasi di Kabupaten Aceh Timur. Babe menyarankan seluruh pengurus tidak hanya cakap dalam pengetahuan namun juga santun dalam bersikap sehingga menunjukkan bahwa IGI adalah the real teacher organization.

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here